Pemkab Bombana Selenggarakan Porseni Meriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Melsandy Wauda

Reporter

Rabu, 14 Agustus 2024  /  10:56 pm

Pembukaan kegiatan PORSENI oleh Pj Bupati Bombana Edy Suharmanto dan didahului dengan Devile. (Foto: Melsandy Wauda/Telisik)

BOMBANA, TELISIK.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana menyelenggarakan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni), memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, selama empat hari mulai Rabu hingga Sabtu (14-17/8/2024).

Porseni yang diselenggarakan di masing-masing kecamatan di Kabupaten Bombana ini diawali dengan defile para peserta. Mereka berasal instansi pemerintahan, pelajar sekolah dasar (SD), juga siswa-siswi sekolah menengah atas (SMA).

Saat defile para peserta berbaris dengan menggunakan kostum pilihan masing-masing, seragam, dan pakaian adat yang unik serta beragam.

Baca Juga: Polres Bombana Tangkap Pelaku Curanmor Lintas Pulau dan Empat Unit Terjual di Muna

Defile dimulai dari depan SMAN 03 Bombana dan finish di Alun-alun Masjid Nurul Iman Kasipute. Ketika sampai di garis finish, para peserta defile menampilkan variasi barisan yang unik, beragam, dan menghibur.

Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Edy Suharmanto, mengapresiasi setiap kreativitas pada peserta defile. Dia pun berharap budaya lokal Bombana yang ditampilkan oleh para peserta bisa dilestarikan.

“Bahkan saya dengan Sekda ingin ketika ulang tahun Bombana nanti kami akan mengadakan pawai budaya,” ujar Edy.

Porseni diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat umum dengan berbagai lomba.

Baca Juga: Bapaslon Bupati Bombana BUYA Disambut Ribuan Pendukung dan Simpatisan

Jenis lomba yang diadakan antara lain lomba master of ceremony (MC) antar OPD, lomba gerak jalan antar sekolah di seluruh tingkatan wilayah Rumbia dan Rumbia Tengah, dan lomba kebersihan antar OPD.

Ketua Panitia Porseni, Rusdiamin, berharap kegiatan ini dapat meningkatkan nilai-nilai solidaritas, sportifitas, dan memupuk kebersamaan melalui olahraga dan seni.

“Porseni ini sekaligus dapat memberikan hiburan bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bombana,” kata Rusdiamin. (Adv/B)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS