Pemkab Kolaka Utara Tebar Ribuan Benih Ikan untuk Konsumsi Masyarakat

Muh. Risal H

Reporter Kolaka Utara

Jumat, 04 Oktober 2024  /  10:13 am

Pj Bupati Kolaka Utara, Yusmin bersama Sekda dan Forkopimda saat menebar ribuan benih ikan nila. Foto: Muh. Risal H/Telisik

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara berhasil menebar ribuan benih ikan nila dan bandeng dengan memanfaatkan lahan tidur (kolam) milik pemerintah daerah yang berada di sekitar Alun-Alun Kirambu, Desa Ponggiha dan area Pasar Sentral Lacaria, Kecamatan Lasusua.

Kegiatan yang diikuti Forkopimda, Sekda, para Asisten dan Kepala OPD lingkup Pemkab Kolaka Utara ini berlangsung usai launching program makan siang gratis, Kamis (3/10/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara, Yusmin mengungkapkan, penebaran benih ikan merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah menekan laju inflasi dan untuk pemenuhan kebutuhan ikan masyarakat Kolaka Utara.

Selain itu, penebaran benih ikan ini juga bagian dari upaya pemerintah daerah untuk memanfaatkan lahan tidur (kolam) yang berada di sepanjang Jalan By Pass Lasusua.

"Hari ini kita coba menyemai 105 ribu benih ikan nila dan bandeng. Tiga bulan ke depan, kalau berhasil dengan baik, maka seluruh lahan sepanjang 7 kilometer akan kita manfaatkan pada APBD induk tahun 2025," terangnya.

Baca Juga: Pertama di Sulawesi Tenggara, Pemkab Kolaka Utara Launching Uji Coba Makan Siang Gratis

Kata Yusmin, benih ikan yang telah ditebar nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat Kolaka Utara untuk kebutuhan konsumsi bukan komersil.

"Tiga bulan ke depan kalau sudah besar, masyarakat bisa mengambil untuk dikonsumsi bukan untuk dijual," ujarnya.

Pj Bupati Kolaka Utara, Yusmin didampingi Sekda Kolaka Utara dan Forkopimda saat hendak menebar ribuan benih ikan nila. Foto: Muh. Risal H/Telisik

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka Utara, Taufiq S. menuturkan, penyemaian benih ikan nila dan bandeng dalam rangka menekan laju inflasi dan prevalensi stunting.

Baca Juga: Pj Bupati Kolaka Utara Bakal Bangun Asrama untuk Pelajar dari Wilayah Pelosok

"Kita berharap hasilnya nanti dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan ikan masyarakat Kolaka Utara," jelas Taufiq.

Kepala Dinas Perikanan Muhsin menjelaskan, kolam tempat penebaran benih ikan terbagi dua dengan luasan berbeda-beda. Luasan kolam ikan nila 1,5 hektare sementara bandeng 2 hektare.

"Kami telah menyiapkan 70.000 ekor benih ikan nila dan 35.000 bandeng. Namun, yang disebar hari ini hanya 2.000 ekor ikan nila dan 35.000 ikan bandeng," tukasnya. (A-Info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS