Pemkot Kendari Target Penataan Kota Tuntas Tahun 2024

Siti Nabila

Reporter

Kamis, 20 Juni 2024  /  6:59 pm

Pj Wali Kota, Muhammad Yusup saat memberikan penjelasannya. Foto: ist

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus berupaya dan berkomitmen mewujudkan tata kota yang lebih baik dan teratur, dengan melakukan penataan di sejumlah kawasan strategis dan menargetkan penataan Kota Kendari akan kelar pada tahun 2024 ini.

Rencana tata ruang wilayah kabupaten/kota ini telah sesuai Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang Pasal 11 Ayat 2, bahwa "pemerintah daerah kabupaten berwenang dalam melaksanakan penataan ruang wilayah kabupaten".

Penataan tersebut meliputi perencanaan tata ruang wilayah kabupaten, pemanfaatan ruang wilayah kabupaten, dan pengendalian pemanfaatan ruang wilayah kebupaten/kota.

Baca Juga: Ini Kendaraan dan Alat Khusus Polda Sulawesi Tenggara untuk Pengamanan Pemilu 2024

Saat ini Pemkot Kendari dalam melakukan penataan kawasan perkotaan mengacu pada Perda terkait Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Kendari nomor 1 Tahun 2012. Tujuan agar Kota Kendari lebih teratur dan lebih baik lagi.

Lapangan Ex MTQ,  kawasan strategis yang menjadi salah satu target Penataan Kota Kendari. Foto: Repro Google

 

Perihal rencana Penataan Kota sebelumnya  disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusuf setelah melakukan kunjungan kerja ke Kota Jogjakarta, bersama Sekertaris Kota Kendari dan sejumlah kepala OPD pada awal tahun 2024.

Kunjungan ke Kota Gudeg kala itu, memprioritaskan agenda studi tour terkait pembangunan dan pemanfaatan kawasan lingkungan perkotaan. Saat itu kunjungan berfokus pada penataan drainase, trotoar, lampu jalan dan reklame Kota Jogjakarta.

Kawasan Tugu Pal Putih Kota Yogyakarta yang menjadi pertimbangan Pemkot dalampenataan Kota Kendari, Sultra. Foto: ist.

 

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusuf mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka melihat dan mempelajari pembangunan dan penataan sarana dan prasarana yang ada di Jogyakarta terkait dengan perindustrian penataan taman kota.

“Jadi kegiatan kali ini dalam rangka mempelajari pantaan kota baik itu penataan taman juga bagaimana penataan papan papan reklame, tentunya ini berkaitan dengan PAD,” kata Muhammad Yusuf

Baca Juga: Satu Jemaah Haji Asal Kota Kendari Meninggal Dunia

Lebih lanjut ia mengatakan, konsep penataan oleh pemerintah Kota Jogjakarta dalam membangun kota, ini akan menjadi pertimbangan dalam membangun kota Kendari.

Aturan mengenai Penataan Ruang/Wilayah Kabupaten/Kota. Foto: Siti Nabila/Telisik

 

“Yang paling unik dari Kota Jogjakarta begitu banyaknya pengunjung wisatawan namun kondisi kotanya begitu tertata, sehingga masyarakat bisa menikmati keindahan kotanya,” lanjutnya.

Selain melakukan kunjungan kerja di Kota Jogjakarta, Pemkot Kendari juga melakukan diskusi oleh jajaran OPD lingkup Kota Kendari dan OPD lingkup Kota Jogjakarta. (C-Adv)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS