Peserta Pilkada di Muna Barat Diajak Kampanye Aman dan Tertib

Putri Wulandari

Reporter Muna Barat

Selasa, 24 September 2024  /  3:45 pm

Foto bersama seusai melaksanakan deklarasi kampanye damai di pelataran kantor KPU Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Deklarasi kampanye damai, KPU Muna Barat mengajak seluruh peserta pilkada untuk melaksanakan kampanye yang aman dan tertib, Selasa (24/9/2024).

Ketua KPU Muna Barat, La Tajudin mengharapkan penandatanganan deklarasi kampanye bukan hanya sebatas tanda tangan, tetapi harus muncul secara kolektif dari masyarakat dan peserta pilkada untuk berkomitmen menyelenggarakan kampanye dengan aman dan tertib.

Jika melihat laporan dari Polres Muna bahwa peta kerawanan yaitu di Muna Raya dan juga terikut di Muna Barat sehingga ini harus dipatahkan yakni Muna Barat tidak terikut-ikutkan dalam riwayat peristiwa.

Tetapi sebagai penyelenggara teknis, KPU tidak cukup dengan menyampaikan atau mengingatkan berkaitan dengan undang-undang, regulasi, keputusan kalau tidak ada kesadaran kolektif peserta dalam hal ini partai pengusung maupun paslon.

Baca Juga: Deklarasi Kampanye Damai Paslon Bupati-Wabup Muna Ricuh

Ia mengatakan, perbedaan pilihan jangan sampai mencederai nama baik daerah. Dengan pembacaan deklarasi kampanye oleh paslon, maka dapat diimplementasikan pada kampanye mulai 25 September-23 November 2024 mendatang agar tetap tertib dan aman.

Ia juga menyampaikan kepada paslon bahwa memasuki masa kampanye, pihak KPU telah mengatur titik pemasangan alat peraga kampanye (APK).

Baca Juga: Ini Enam Paslon Pilbub Buton 2024 Beserta Nomor Urutnya

Kemudian, telah ditentukan zonasi di ruang-ruang umum sehingga dalam zonasi ini dapat dijaga kondusifitasnya. Tentunya bawaslu juga akan mengimbau terkait kegiatan kampanye karena jika melanggar ketentuan kegiatan kampanye maka berkonsekuensi pada pembatalan calon sehingga ini menjadi catatan bagi parpol, LO, maupun paslon.

"Marilah kita bersama-sama melaksanakan giat-giat kampanye dengan aman dan tertib," pungkasnya. (C)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS