Puluhan Siswa MTs di Moramo Konawe Selatan Diduga Keracunan Es Kelapa Muda

Ahmad Jaelani

Reporter

Sabtu, 28 September 2024  /  10:09 pm

Sebagian siswa saat menjalani perawatan medis di Puskesmas Moramo, Jumat (27/9/2024). Foto: Ist

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID — Puluhan siswa dari MTs Darul Ulum Margacinta dan MTs Al-Khairat Sumber Sari di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, diduga mengalami keracunan setelah mengonsumsi es kelapa muda usai pertandingan olahraga persahabatan antara kedua sekolah pada Jumat (27/9/2024) pagi.

Informasi yang dihimpun telisik.id, pertandingan yang berlangsung di MTs Darul Ulum Margacinta dimulai sekitar pukul 08.00 WITA dan melibatkan berbagai cabang olahraga seperti sepak bola, bola voli, tarik tambang, dan bola gotong.

Sebanyak 35 siswa dilaporkan mengalami gejala keracunan. Dari jumlah tersebut, 26 siswa dirawat di Puskesmas Moramo, 6 siswa dibawa ke Pustu Margacinta, dan 3 siswa lainnya dirawat di Polindes Bidan Yuli.

Baca Juga: Pjs Bupati Muna Pastikan Stok Pangan Aman

Kapolsek Moramo, Ipda Fakhmi Sumadi, mengungkapkan bahwa pihaknya sedang menyelidiki insiden ini.

“Setelah pertandingan siswa dan guru mengkonsumsi es kelapa muda gula merah yang disediakan oleh pihak MTs Darul Ulum. Namun, beberapa saat kemudian, sejumlah siswa mengeluh merasakan mual, muntah, diare, pusing, hingga demam,” ungkap Fakhmi.

Sebagian besar siswa yang mengalami gejala keracunan telah mendapatkan perawatan di fasilitas kesehatan terdekat, sementara beberapa lainnya memilih untuk dirawat di rumah.

Baca Juga: PDIP dan PKB Konawe Solid Menangkan Pasangan LA-IDA di Pilgub Sulawesi Tenggara

“Kami berencana memanggil pihak panitia, desa, dan orang tua para korban untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut,” tambah Fakhmi.

Hingga saat ini, belum ada kepastian apakah es kelapa muda yang dikonsumsi merupakan penyebab utama keracunan ini. Penyelidikan polisi masih terus berlangsung untuk mencari tahu penyebabnya. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS