Siswa SMAN 4 Kendari Gunakan HP Saat Ujian Sekolah

Muhammad Ilwanto

Reporter

Selasa, 22 Maret 2022  /  3:52 pm

Suasana pelaksanaan US di SMAN 4 Kendari. Foto: Muhammad Ilwanto/Telisik

KENDARI, TELISIK.ID - Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tingkat SMA/SMK se-Sultra, sudah dilaksanakan mulai 21-26 Maret. Di mana kebijakan pelaksanaannya ditentukan oleh sekolah masing-masing.

Untuk di SMAN 4 Kendari memiliki cara tersendiri, di mana salah satu sekolah tervaforit di Sultra itu, mewajibkan seluruh siswanya untuk membawa peralatan ujian sendiri, yaitu Handphone (HP) yang menjadi syarat wajib dipenuhi oleh siswa dalam mengikuti ujian penentu kelulusan tersebut.

Kepala SMAN 4 Kendari, Liyu mengatakan, pelaksanaan US tahun ini bersifat online atau berbasis aplikasi, yang bisa diunduh melalui HP dan juga komputer.

"Seluruh siswa kami wajibkan menggunakan HP untuk mengikuti US. Karena ketersediaan komputer yang kami miliki hanya sekitar 80 unit, sedangkan peserta US mencapai 495 orang," ungkapnya kepada Telisik.id, Selasa (22/3/2022).

Dirinya mengatakan, pelaksanaan US dilakukan dengan sistem offline, meskipun sistemnya berbasis online, tetapi seluruh siswa mengikuti US secara langsung di sekolah.

"Semuanya harus wajib datang di sekolah untuk US, tidak ada yang di rumah, meskipun ujiannya berbasis online. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana US SMAN 4 Kendari, Samlia mengungkap, terkait mewajibkan seluruh siswa menggunakan HP saat pelaksanaan US. Hal tersebut sedah menjadi keputusan bersama dan telah disetujui oleh siswa dan orang tua.

Baca Juga: Ujian Sekolah Tingkat Madrasah Mulai Digelar 14 Maret

"Jadi kita sudah himbau jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan US dilakukan, siswa akan menggunakan HP sebagai alat untuk mengikuti US, dan kami juga sudah menyurati orang tua siswa untuk bekerja sama, agar bisa memfasilitasi anaknya," katanya.

Lanjut dia, untuk siswa yang tidak mempunyai HP, sekolah sudah menyiapkan komputer untuk digunakan dalam mengikuti US.

"Sebelum pelaksanaan, memang kita sudah tunggu laporan siswa yang tidak bisa membawa HP untuk melapor," ucapnya.

Namun kata dia, meskipun menggunakan HP, para siswa dijamin itu tidak akan melakukan kecurangan saat mengikuti US.

Baca Juga: MAN 1 Kendari Gunakan Aplikasi UAMBN saat Ujian Madrasah

"Kita awasi secara ketat pelaksanaannya, di mana setiap ruangan diisi dengan dua pengawas, serta US ini juga kan berbentuk aplikasi. Sehingga untuk melakukan tindak kecurangan itu sangat mustahil dilakukan," jelasnya.

Pelaksanaan US sangat ketat dan diklaim tidak mungkin terjadi kecurangan. Sehingga hasil US betul-betul merupakan data ril yang diraih oleh seluruh siswa.

"Jujur pelaksanaannya sangat ketat, meskipun kita gunakan HP tidak ada kesempatan untuk mencari jawaban melalui Google, karena sangat ketat sekali. Kami diawasi setiap saat. Jadi nilai US yang kita dapat, ini murni dari hasil kinerja kami, tanpa adanya kecurangan," ujar salah satu peserta US SMAN 4 Kendari. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin