MAN 1 Kendari Gunakan Aplikasi UAMBN saat Ujian Madrasah

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Senin, 14 Maret 2022
0 dilihat
MAN 1 Kendari Gunakan Aplikasi UAMBN saat Ujian Madrasah
Susana pelaksanaan UM di MAN 1 Kendari Foto : Muhammad Ilwanto/Telisik

" MAN 1 Kendari menerapkan sistem ujian berbasis digital atau komputer, dengan menggunakan aplikasi UAMBN 2021 "

KENDARI, TELISIK.ID - Tepat hari ini, Senin (14/2/2022), seluruh Madrasah Aliyah se-Sultra melaksanakan Ujian Madrasah (UM), salah satunya di MAN 1 Kendari.

Dalam melakukan UM, MAN 1 Kendari pun menerapkan sistem ujian berbasis digital atau komputer, dengan menggunakan aplikasi UAMBN 2021 yang dapat difungsikan melalui laptop dan handphone android.

Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo, M.Pd mengatakan, pelaksanaan UM ini telah sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Islam.

"Sesuai dengan jadwal, mulai hari ini sampai 10 hari ke depan kita laksanakan UM. Di hari pertama semuanya berjalan lancar dan aman, tidak ada kendala sama sekali," ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, pelaksanaan UM merupakan penentu kelulusan bagi para siswa, sehingga mereka harus betul-betul memberikan hasil terbaik dalam ujian.

"UM ini juga untuk mengukur kemampuan siswa, sampai di mana memahami setiap mata pelajaran yang diberikan oleh guru. Karena soal-soal UM ini berasal dari sekolah, di mana pihak-pihak guru yang buat," jelasnya.

Baca Juga: Ujian Sekolah Tingkat Madrasah Mulai Digelar 14 Maret

Ia mengatakan, karena di tengah pandemi COVID-19, maka sistem pelaksanaannya dilakukan dengan sistem shift yaitu pagi dan siang.

"Jumlah peserta yang ikut UM itu berjumlah 290, itu kami bagi setengah. 50 persen masuk pagi dan selebihnya masuk siang. Selain karena kondisi pandemi, juga diakibatkan ketersediaan komputer yang kami miliki masih sangat terbatas," katanya.

Sementara itu, Panitia Pelaksana UN MAN 1 Kendari, Ratna mengungkapkan, UM kali ini diberlakukan sistem semi offline, untuk lebih mempermudah pelaksanaan ujian.

Baca Juga: Muna Barat Masih Tahap Perencanaan Ujian Susulan ANBK

"Untuk tahun ini pelaksanaan UM lebih mudah, karena menggunakan aplikasi UAMBN yang sangat praktis, karena bisa diinstal di HP android, yang tentunya akan lebih memudahkan siswa mengikuti," jelasnya.

Lanjut dia, selama pelaksanaan berlangsung, tidak mengalami hambatan, semuanya berjalan dengan baik.

"Karena ini sistem online, jadi yang sering bermasalah itu adalah jaringan. Tetapi di hari pertama ini tidak ada kendala," pungkasnya. (B)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga