Swing Voters Pilwali Surabaya Masih Besar

Try Wahyudi Ary Setyawan

Reporter Surabaya

Rabu, 02 Desember 2020  /  5:47 pm

Peneliti senior SSC, Ikhsan Rosidi. Foto: Try Wahyudi/Telisik

SURABAYA, TELISIK.ID - Surabaya Survey Center (SSC) merilis hasil penelitian yang dilakukan terhadap Pilwali Surabaya yang dilaksanakan pada 9 Desember mendatang.

Riset SSC ini menunjukkan sebaran peta politik Kota Pahlawan di detik-detik Pilwali Surabaya.

Peneliti senior SSC, Ikhsan Rosidi mengungkapkan, jika sebagian besar responden dari survey yang dilakukan memastikan diri tidak akan berubah pilihan.

“Sebanyak 58,1 persen sudah memastikan pilihannya mantap. Sedangkan 41,9 persen lainnya masih mungkin akan berubah pilihan,” ujar Ikhsan di Surabaya, Rabu (2/12/2020).

Baca juga: Survei Fixpoll: RAPI Unggul Dibanding Petahana TERBAIK

Terkait keberadaan strong voters di masing-masing Paslon, Ikhsan menilai jika di kubu Eri-Armuji 69,9 persen responden memastikan diri tidak akan berubah pikiran dan 30,1 persen sisanya masih mungkin berubah.

“Sedangkan di kubu Machfud Arifin-Mujiaman, 55,5 persen memastikan tidak akan berubah pikiran. Sedangkan 44,5 persen lainnya masih mungkin berubah. Terlihat, swing voters di kubu Machfud Arifin-Mujiaman masih lebih besar,” lanjut Ikhsan.

Sebagai informasi, riset ini dilakukan SSC pada tanggal 19-24 November 2020 di 31 Kecamatan di Surabaya. Responden yang digunakan sebanyak 880 orang.

Penelitian dilakukan dengan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error lebih kurang 3.3 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TOPICS