Unggul di Semua Lembaga Survei, Ini yang Dilakukan PDIP Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan

Reporter Surabaya

Jumat, 15 Juli 2022  /  8:12 pm

Kepala Badan Pemenangan Pemilu DPD PDI Jawa Timur, Deni Wicaksono menyebutkan 3 aspek penting dalam menyikapi hasil sejumlah lembaga survei. Foto: Ist

SURABAYA, TELISIK.ID - Elektabilitas PDIP di Jawa Timur tidak terkalahkan di semua lembaga. Terbaru, survei Charta Politika kembali menempatkan elektabilitas PDIP di posisi teratas dengan capaian 29,8 persen.

Kepala Badan Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jawa Timur, Deni Wicaksono mengatakan capaian elektabilitas partai berlambang banteng tersebut patut disyukuri, namun sekaligus menjadi pelecut semangat untuk melipatgandakan kerja kerakyatan. Deni menyebut, ada tiga aspek penting dalam menyikapi sebuah hasil survei.

“Pertama, hasil survei ini adalah bukti gotong royong menyatunya seluruh elemen PDIP dengan segenap kekuatan rakyat. Kerja kerakyatan berbasis gotong royong menemui hasilnya dalam survei yang alhamdulillah selalu berada pada posisi tertinggi. Artinya apa? Artinya hanya dengan kerja gotong royong lah kita akan menyongsong hattrick kemenangan pada 2024,” ujar Deni, Jumat (15/7/2022).

Hal kedua, lanjut Deni, adalah menjadikan survei sebagai bahan evaluasi kerja kerakyatan partai ke depan.

Baca Juga: Pilkada 2024, Rajiun Tumada: Harga Mati untuk Muna

“Tentu kami berterima kasih atas berbagai hasil survei yang ada. Survei adalah metode ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan. Kami bergerak berdasarkan data dan sains, sebagai bahan evaluasi kerja-kerja kerakyatan ke depan, sehingga hasil survei ini menjadi masukan berharga bagi PDIP,” jelasnya.

Deni menambahkan, hal ketiga adalah menjadikan survei sebagai pelecut semangat seluruh kader PDIP agar terus konsisten hadir membersamai rakyat dalam suka dan duka.

“Kita camkan betul arahan ketua umum Ibu Megawati Soekarnoputri bahwa kita tidak boleh terlena dengan zona nyaman karena terus diunggulkan di berbagai survei. Jadikan ini sebagai pelecut semangat untuk terus turun ke desa-desa, gang-gang, kampung-kampung, komunitas-komunitas, dan sebagainya, membantu dan membersamai rakyat,” papar Deni.

Baca Juga: Tiga Kader Siap Tarung di Pilwali Kendari, NasDem Syaratkan Elektabilitas Tinggi

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan dari hasil survei di Jawa Timur, periode 24-30 Juni 2022, dengan jumlah responden 1.200 pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error +- 2,83 persen.

Setelah PDIP, di posisi kedua ada PKB dengan 25 persen, Gerindra 9 persen, Golkar 6,4 persen, NasDem 4,8 persen, Demokrat 4,4 persen, PPP 3,1 persen, PKS 1,8 persen, dan partai-partai lain di bawah 1 persen. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Musdar