Warga Israel Bongkar dan Injak-Injak Indomie Bantuan Siap Dibagikan untuk Palestina

Ahmad Jaelani

Reporter

Sabtu, 18 Mei 2024  /  1:25 pm

Terlihat kardus bertuliskan Indomie berwarna biru, dibongkar dan dihambrkan bahkan sampai diinjak. Foto: Screenshot video

KENDARI, TELISIK ID - Tengah ramai diperbincangkan di media sosial, video paket bantuan untuk warga Palestina berisikan Indomie dari Indonesia diinjak-injak Israel, mengundang kecaman dari berbagai pihak.

Melansir cnbcindonesia.com, menurut Pemerintah RI, jaminan kelancaran bantuan kemanusiaan tersebut sangat penting. Dalam hal ini, peran Dewan Keamanan PBB sangat diperlukan.

"Dewan Keamanan harus memastikan jaminan dari Israel bagi kelancaran pemberian bantuan kemanusiaan, guna mencegah memburuknya katastropi kemanusiaan di Gaza," katanya.

Sebelumnya, sejumlah warga Israel memblokir truk bantuan yang menuju Gaza. Dari melempar kemasannya, terlihat bentuk bantuan makanan yang coba disalurkan adalah Indomie.

Dalam video yang viral, terlihat bagaimana warga Israel melempar dan menginjak paket tersebut dari truk ke tanah. Hal itu menyebabkan ratusan kardus berserakan.

Baca Juga: 143 Negara Setuju Palestina jadi Anggota Tetap PBB ke-194

Kementerian Luar Negeri Indonesia buka suara terkait blokade warga sipil Israel atas pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza dari masyarakat internasional.

Dikutip dari akun X Kementerian Luar Negeri RI, @Kemlu_RI, pemerintah mengutuk aksi tersebut. Hal itu dinilai membuktikan posisi Israel yang terus bertindak represif terhadap warga Gaza.

Baca Juga: Parah, Pria Ini Serukan Jalur Gaza Palestina Dijatuhkan Bom Atom Hirosima

"Pembiaran yang dilakukan oleh aparat keamanan Israel membuktikan posisi Israel yang terus mencoba menghalangi dengan berbagai cara penyaluran bantuan kemanusiaan bagi rakyat Gaza. Tindakan tersebut seharusnya ditindak dengan tegas dan dipastikan tidak terulang lagi," tulis Kemenlu, Kamis (16/5/2024).

Tak sampai di situ, bahkan akun Instagram centang biru yang dilihat Telisik.id, Sabtu (18/5/2024) dari @lambe_turah memposting hal tersebut, dan menuliskan, "Jahatnyaaa" sontak mengundang perhatian netizen yang sudah mencapai 19 ribu komentar.

"Siapa di sini yang masih konsisten boikot?" tulis eliyaa_floris, sementara netizen lainnya, @emmwarokkooficial, "Pantesan dikutuk," tulisnya dengan emot api. (C)

Penulis:Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS