Waspada, Pemkot Medan Atasi Banjir dengan Cara Ini

Reza Fahlefy

Reporter Medan

Senin, 13 September 2021  /  3:31 pm

Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat mengecek sungai yang berada di Kecamatan Medan Tembung. Foto: Ist/Humas Pemko Medan

MEDAN, TELISIK.ID - Wali Kota Medan, Bobby Nasution telah berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II, untuk penanganan banjir.

Itu terungkap dalam rapat yang dipimpin langsung oleh menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Balai Kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, bersama dengan pihak lainnya.

Bobby Nasution meminta agar normalisasi sungai untuk penanganan banjir di Medan segera dimulai.

"Tiga sungai, yakni Bederah, Babura, dan Deli, harus disepakati, yang mana yang diprioritaskan untuk dinormalisasi lebih dulu," kata Bobby melalui release yang diterima Telisik.id, Senin (13/9/2021).

Suami Kahiyang Ayu ini mengatakan, Pemerintah Kota Medan juga telah menyiapkan anggaran pembebasan lahan untuk normalisasi tersebut.

"Walau biasanya untuk pembebasan lahan sungai ini dari pusat, kalau ada anggaran dari Pemkot, kami siap dan bantu. Sekarang kami sudah siapkan anggaran untuk pembebasan lahan untuk normalisasi," tuturnya.

Baca Juga: Staf Ahli Gubernur Sultra jadi Pj Sekda Muna

Baca Juga: Bupati Muna Sindir Pejabat yang Jalan Sendiri Tanpa Koordinasi dengan Pimpinan

Anggaran disediakan atau disiapkan itu tidak signifikan bisa menyelesaikan masalah dikeseluruhannya. Akan tetapi, Pemkot Medan tetap berkomitmen agar banjir bisa dihindari.

Selain itu, Bobby Nasution juga meminta pihak BWS Sumatera II dapat memberikan gambaran progres pekerjaan yang akan dicapai dengan ketersediaan anggaran, baik dari Pemkot Medan, Pemprovsu, maupun pusat.

"Dengan anggaran itu berapa persen yang bisa dikerjakan, berapa persen pula berkurangnya cakupan wilayah yang terkena banjir," terangnya. (C)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Fitrah Nugraha