10 Perusahaan Startup Terbaik di Indonesia Versi LinkedIn

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Minggu, 01 Oktober 2023
0 dilihat
10 Perusahaan Startup Terbaik di Indonesia Versi LinkedIn
Delos, startup akuakultur menjadi startup terbaik di Indonesia versi LinkedIn. Foto: Delosaqua.com

" Sejak 2013, 21 perusahaan startup terbaik yang beroperasi di pasar Indonesia telah menjadi unicorn "

KENDARI, TELISIK.ID - Perusahaan startup saat ini banyak berkembang dan menjadi tren di Indonesia. Hal ini juga dapat mendorong aktivitas perekonomian dan terbukanya lapangan kerja.

Dilansir dari Duniafintech.com, sejak 2013, 21 perusahaan startup terbaik yang beroperasi di pasar Indonesia telah menjadi unicorn. 2021 adalah momen emas bagi unicorn. Banyak unicorn lahir.

Unicorn adalah startup yang bernilai lebih dari 1 miliar dollar atau sekitar Rp 15,1 triliun. Blibli, Fintech Xendit serta F&B Kopi Kenangan berhasil meraih status unicorn pada tahun 2021. Jumlah unicorn yang lahir pada tahun 2022 mengalami penurunan.

Salah satu perusahaan yang berhasil menembus valuasi 1 miliar dolar di tengah musim dingin teknologi adalah DANA. Data tersebut termasuk unicorn yang beroperasi di Indonesia, meski tidak semuanya lahir di tanah RI.

Dikutip dari Kompas.com, jaringan profesional LinkedIn merilis daftar Top 10 Startups 2023 di Indonesia. Peringkat tahunan startup nasional ini dapat digunakan sebagai rujukan para profesional untuk berkarier secara global.

Baca Juga: Pemprov Sulawesi Tenggara Tekankan Rehabilitasi pada Perusahaan Tambang

Penyusunan daftar ini merujuk pada data yang berasal dari rangkuman miliaran aksi oleh 950 juta lebih anggota LinkedIn di empat bidang inti. Itu meliputi pertumbuhan karyawan, minat pencari kerja, keterlibatan anggota dalam perusahaan dan karyawannya, serta seberapa baik kinerja para startups ini menggaet talenta dari daftar LinkedIn Top Companies.

LinkedIn Career Expert Serla Rusli mengatakan, sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki ekosistem startup yang dinamis dan beragam. Hal ini sebagian didorong oleh pasar yang luas dengan populasi yang melek teknologi.

"Terutama, daftar startup yang paling berkembang di Indonesia tahun ini menjadi sumber daya yang unik untuk para profesional yang ingin bekerja di perusahaan muda yang sedang merevolusi industri mereka dan menciptakan inovasi baru yang menarik," ujar dia dalam keterangan resmi, Rabu (27/9/2023).

Daftar tahun ini terdiri dari perusahaan teknologi di berbagai industri, mulai dari agritech hingga e-commerce. Startup agritech mewarnai dunia pertanian Indonesia dengan menyediakan solusi inovatif untuk mengubah sektor tradisional ini.

Daftar LinkedIn Top Startups tahun ini terdiri dari dua perusahaan agritech, bahkan salah satunya menduduki peringkat teratas. Salah satunya DELOS, yakni startup akuakultur yang mengedepankan ilmu pertanian berkelanjutan dalam pembudidayaan tambak udang di tingkat nasional, muncul sebagai pelopor perusahaan muda yang memberikan peluang pertumbuhan karir bagi para profesional di Indonesia.

Sedangkan, Chickin Indonesia menggunakan teknologi pertanian Internet of Things (IoT) untuk mengoptimalkan manajemen peralatan dan kondisi hidup ternak. Sektor e-commerce juga banyak ditemui dalam daftar Top Startups Indonesia tahun ini, yang mungkin tidak mengherankan karena e-commerce berperan penting dalam kontribusi terhadap perekonomian negara.

Startup e-commerce yang masuk ke dalam daftar LinkedIn misalnya Evermos. Perusahaan rintisan ini membantu para resellers dengan layanan berbasis syari’ah dan terjamin halal. Selain itu ada juga Aplikasi Super dan Sinbad yang menawarkan produk dan solusi di bidang daring untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Baca Juga: Permudah Alumni Cari Peluang Karier, UHO Hadirkan 7 Perusahaan Unggulan di Job Fair UHO 2023

Berikut ini adalah daftar lengkap LinkedIn Top Startups 2023 di Indonesia.

1. DELOS - startup akuakultur pada bisnis tambak udang

2. MySkill - startup penyedia pelatihan dan pembinaan profesional secara daring

3. Evermos - platform penghubung resellers-to-brands ke konsumen.

4. Populix - platform layanan riset

5. Prixa.ai - platform manajemen kesehatan berbasis big data dan AI

6. Aplikasi Super-YC W18 - menghubungkan pemasok besar dengan agen dan toko

7. Kargo Technologies - platform jasa angkut truk B2B

8. Sinbad - layanan pemesanan produk langsung dari produsen dan distributor

9. Chickin Indonesia - manajemen ternak ayam berbasis IoT

10. Otoklix – bantu pemasaran layanan ribuan bengkel mobil independen. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga