10 Urutan Penggunaan Haircare yang Benar

Sasmiraza, telisik indonesia
Rabu, 31 Agustus 2022
0 dilihat
10 Urutan Penggunaan Haircare yang Benar
Layaknya skincare, rambut juga membutuhkan perawatan agar tetap sehat dan terhindar dari masalah rambut dan kulit kepala. Foto: Repro grid.id

" Tak hanya wajah, rambut juga membutuhkan perawatan agar tetap sehat dan terhindar dari masalah rambut dan kulit kepala "

KENDARI, TELISIK.ID - Tak hanya wajah, rambut juga membutuhkan perawatan agar tetap sehat dan terhindar dari masalah rambut dan kulit kepala. Layaknya skincare, urutan hair care routine juga penting Anda perhatikan.

Tahapan hair care routine bisa saja berbeda pada tiap orang. Ini normal, mengingat jenis dan masalah rambut bisa mengubah urutan perawatan rambut dalam beberapa hal.

Lantas, bagaimana urutan hair care yang benar? Simak 10 ulasan berikut ini, dikutip dari berbagai artikel:

1. Biasakan Menyisir Rambut

Membiasakan menyisir rambut setiap hari dapat terhindar dari rambut kusut. Melansir dari dove.com, dengan Anda rutin menyisir rambut, minyak alami di rambut akan terdistribusikan dengan baik, mulai dari akar sampai ke ujung rambut. Dengan begitu tentunya akan membuat rambut Anda tumbuh dengan sehat dan makin berkilau.

2. Gunakan Hair Oil

Bukan langsung membersihkan rambut dengan keramas, urutan hair care routine yang pertama adalah mengoleskan hair oil (minyak rambut).

Hair oil dapat menjaga kelembapan rambut, meningkatkan sirkulasi darah, merangsang pertumbuhan rambut, dan memperkuat akar.

Cara menggunakan hair oil:

• Tuangkan hair oil secukupnya.

• Oleskan ke kulit dan rambut secara merata.

• Lakukan pijatan lembut di kepala selama 15-30 menit.  

• Diamkan selama semalaman.

• Keesokan harinya, kamu bisa langsung keramas

3. Cuci Rambut dengan Shampoo

Setelah mengoleskan hair oil dan mendiamkannya semalaman, bersihkan rambut dengan keramas.

Sebelum mencuci rambut dengan shampo, pastikan anda paham dengan jenis dan kondisi rambut. Sebab, setiap jenis rambut memiliki waktu keramas yang berbeda-beda, yakni:

• Jenis rambut yang terasa kasar dan kering, serta terasa lebih rapuh, Anda hanya perlu keramas setiap 2 - 3 hari sekali.

• Jenis rambut cenderung berminyak sehari setelah kamu mencuci rambut, Anda harus keramas setiap hari.

• Jika anda memiliki rambut normal dan terasa tidak terlalu berminyak, sehari setelah keramas, Anda bisa mencuci rambut setiap dua hari sekali.

Baca Juga: Fakta Menarik Anak Pertama Perempuan, Ini Pelajaran Hidup yang Kamu Dapatkan

Setelah itu, Anda pilih shampo yang memiliki kandungan kerantin didalamnya. Keratin akan membuat rambut lurus dengan sempurna. Hindari shampo berbahan keras, seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate. Saat mencuci rambut, bersihkan rambut sampai ke kulit kepala Anda dan pijit pelan-pelan.

4. Melembapkan Rambut dengan Conditioner

Setelah keramas, Anda juga gunakan conditioner saat rambut dalam keadaan setengah lembap. Aplikasikan kondisioner pada batang rambut dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas. Conditioner dibaratkan seperti body lotion untuk kulit. Conditioner memiliki manfaat untuk melembapkan rambut dan menjaga setiap helai rambut agar terhidrasi dan mudah diatur.

5. Memakai Hair Mask

Setelah keramas dengan shampo, Anda disarankan untuk menggunakan hair mask atau masker rambut.

Pasalnya dengan masker rambut, Anda bisa memperbaiki helai rambut yang rusak sekaligus menutrisinya lebih dalam.

Selain itu, keramas membuat folikel rambut terbuka, sehingga kandungan dalam masker rambut bisa lebih cepat meresap.

6. Gunakan Hair Tonic

Urutan hair care berikutnya adalah menggunakan hair tonic. Vitamin rambut ini terdiri dari minyak, parfum dan alkohol yang merangsang pertumbuhan rambut. Hair tonic dapat mencegah rambut rontok.

Cara mengaplikasikan hair tonic:

Tunggu rambut kering setelah keramas.

Teteskan hair tonic ke kulit kepala.

Ratakan dan pijat lembut agar nutrisinya meresap.

7. Gunakan Hair Serum dan Hair Vitamin

Jika Anda sering menggunakan hair dryer, catokan atau pengkriting rambut, Anda harus gunakan hair serum.

Melansir dari cnfstore.com, hair serum berfungsi sebagai pengganti protein pada rambut yang hilang akibat terkena panas dari alat styling rambut.

Hair serum menjadikan rambut Anda lebih halus dan mudah ditata. Anda bisa gunakan hair vitamin yang berbentuk kapsul, oleskan vitamin secara rutin pada batang rambut setelah keramas.

8. Pakai Hair Mist

Selain urutan hair care tersebut, pakai hair mist agar tampilan rambut tetap rapi dan wangi. Pemakaian hair mist sangat cocok untuk kamu yang aktif beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: 13 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Memperpendek Umur, Nomor 3 dan 8 Sangat Sepele

Hair mist memberikan kesegaran sepanjang hari. Tampilannya pun menjadi lebih mudah diatur.

9. Lakukan Creambath Sesekali Saja

Urutan hair care yang terakhir adalah creambath. Namun, jangan lakukan perawatan ini terlalu sering. Lakukan sesekali saja, misalnya sebulan sekali agar rambut tidak rapuh atau rontok.

Creambath dapat dilakukan sendiri atau dengan bantuan orang lain.

Selain memberikan nutrisi, creambath dapat melancarkan peredaran darah dan memberikan efek relaksasi.

10. Kurangi Intensitas Rambut dari Paparan Sinar UV

Selain kulit tubuh, paparan ultraviolet (sinar matahari) dapat memberi efek buruk untuk rambut Anda.

Cara yang bisa Anda lakukan yaitu aplikasikan secara rutin urutan hair care routine ini, Anda bisa menutup kepala dengan kerudung, topi ataupun payung.

Sekarang, sudah tahu urutan hair care routine dengan baik dan tepat ya. Pilihlah produk shampo sesuai jenis rambut Anda dan selamat mencoba, Girls! (C)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga