Ini Daftar Terbaru Orang Paling Kaya di Indonesia, Nomor Satu Hartanya Rp 313,9 Triliun

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 23 Mei 2022
0 dilihat
Ini Daftar Terbaru Orang Paling Kaya di Indonesia, Nomor Satu Hartanya Rp 313,9 Triliun
Orang terkaya di Indonesia Michael Bambang Hartono, salah satu pemilik Djarum Group. Foto: Repro Bisnis.com

" Di Indonesia terdapat sederet nama konglomerat terkaya yang sudah sejak lama masih dapat menduduki tahtanya "

JAKARTA, TELISIK.ID - Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di dunia dan berbagai negara, termasuk daftar orang terkaya di Indonesia 2022.

Melansir detik.com, jumlah kekayaan orang-orang yang masuk dalam daftar ini biasa diperbaharui oleh Forbes setiap 5 menit ketika pasar saham masing-masing buka (akan ada penundaan 15 menit untuk harga saham).

Individu yang kekayaannya secara signifikan terkait dengan perusahaan swasta akan diperbarui kekayaan bersihnya sekali sehari.

Dalam kasus di mana seseorang memiliki saham di perusahaan swasta yang menyumbang 20% atau lebih dari kekayaan bersihnya, nilai perusahaan akan disesuaikan menurut indeks pasar khusus industri atau wilayah yang disediakan oleh mitra Forbes.

Oleh sebab itu nilai aset yang dimiliki oleh para crazy rich yang masuk dalam daftar ini selalu diberubah-ubah. Meski demikian, di Indonesia sendiri terdapat sederet nama konglomerat terkaya yang sudah sejak lama masih dapat menduduki "tahtanya".

1. R. Budi Hartono dan Michael Hartono (Grup Djarum)

Melansir Kompas.com, peringkat pertama adalah Hartono bersaudara dengan jumlah kekayaan masing-masing mencapai 21,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 313,9 triliun dan 20,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 302 triliun.

Selain menempati peringkat pertama orang terkaya di Indonesia, Hartono bersaudara juga menempati peringkat 64 dan 69 orang terkaya di dunia.

Baca Juga: Cara Hemat Anak Kos Dijamin Aman Sampai Akhir Bulan

2. Chairul Tanjung (CT Corp)

Bertengger di posisi kedua adalah Chairul Tanjung pemilik CT Corp dengan jumlah kekayaan mencapai 7,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 110 triliun. Chairul Tanjung juga menempati peringkat 263 orang terkaya di dunia tahun 2022.

3. Sri Prakash Lohia (Indorama Corporation)

Sementara itu di peringkat ketiga adalah Sri Prakash Lohia pemilik Indorama Corporation dengan jumlah kekayaan mencapai 6,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 96,8 triliun. Ia juga menduduki posisi 403 orang terkaya di dunia, naik dari peringkat 404 pada 2021.

4. Prajogo Pangestu (Grup Barito)

Menduduki peringkat selanjutnya adalah Prajogo Pangestu pemilik Grup Barito dengan jumlah kekayaan mencapai 5,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 79,2 triliun. Prajogo juga menempati posisi 471 dunia, turun dari peringkat 404 pada tahun 2021.

Baca Juga: Cuma Bayar Rp1.000 Sudah Bisa Nonton Bintang Tamu di Festival Allo Bank 2022?

5. Low Tuck Kwong (Bayan Resources)

Peringkat lima orang terkaya di Indonesia versi Forbes adalah Low Tuck Kwong pemilik Bayan Resources yang bergerak di sektor batu bara. Kekayaannya mencapai 4,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 54 triliun.

Selain menempati peringkat kelima orang terkaya di Indonesia, Low juga berada di posisi 801 orang terkaya di dunia, naik drastis dari posisinya tahun lalu yakni 2.524. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga