11 Hewan Panjang Umur di Dunia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 31 Juli 2022
0 dilihat
11 Hewan Panjang Umur di Dunia
Kura-kura ini disebut ilmuwan mampu hidup hingga 152 tahun. Umur panjang membuat kura-kura ini dapat tumbuh sampai panjang 1,5 meter dan bobot 225 kilogram lebih. Foto: Repro merdeka.com

" Hewan memiliki usia yang cukup beragam. Ada yang singkat dan adapula yang memiliki umur yang cukup panjang bahkan bisa mengalahkan umur manusia "

KENDARI, TELISIK.ID - Hewan memiliki usia yang cukup beragam. Ada yang singkat dan adapula yang memiliki umur yang cukup panjang bahkan bisa mengalahkan umur manusia. Mayoritas hewan yang berumur panjang ini hidup di wilayah perairan.

Mereka berasal dari kelompok mamalia hingga invertebrata. Bahkan, ada hewan yang tidak diketahui pasti berapa lama usia mereka. Beberapa ilmuwan menyebutnya sebagai hewan yang abadi karena dapat hidup sangat lama.

Beberapa hewan berikut yang panjang umur, seperti dilansir dari sejumlah sumber yaitu:

1. Paus kepala busur

Paus kepala busur (Balaena mysticetus) adalah mamalia yang hidup paling lama. Umur pasti paus Arktik dan subarktik tidak diketahui, tetapi ujung tombak batu yang ditemukan pada beberapa individu membuktikan bahwa mereka dapat hidup dengan nyaman lebih dari 100 hingga 200 tahun.

Rahasia umur panjang paus ini ada pada gen ERCC1 yang terlibat dalam perbaikan DNA yang rusak dan membantu melindungi paus dari kanker, serta penyebab potensial kematian.

2. Rockfish Rougheye

Rockfish Rougheye (Sebastes aleutianus) adalah salah satu ikan hidup terpanjang dan memiliki umur maksimum 205 tahun menurut Departemen Ikan dan Margasatwa Washington.

Ikan berwarna merah muda atau kecoklatan ini hidup di Samudera Pasifik dari California hingga Jepang. Mereka tumbuh hingga 38 inci (97 sentimeter) panjangnya dan memakan hewan lain seperti udang dan ikan yang lebih kecil.

3. Hiu Greenland

Hiu Greenland diketahui mampu hidup selama 100 hingga 200 tahun. Hewan yang hidup jauh di Samudra Arktik ini dapat tumbuh hingga 24 kaki (sekitar 7 meter). Mereka akan mengalami pertumbuhan sekitar 0,5 hingga 1 cm per tahunnya.

4. Kerang mutiara air tawar

Kerang mutiara air tawar atau dengan nama latin Margaritifera margaritifera menjadi salah satu hewan dengan usia terpanjang di dunia dari kelompok invertebrata. Kerang tertua diketahui berusia 280 tahun, menurut World Wild Fund (WWF).

Dilansir dari LiveScience, kerang ini memiliki rentang hidup yang panjang berkat metabolisme yang rendah. Mereka hidup di sungai dan dapat ditemukan di wilayah Eropa dan Amerika Utara, termasuk Amerika Serikat dan Kanada. Kini, kerang mutiara air tawar ini menjadi terancam punah.

5. Cacing tabung

Cacing tabung adalah invertebrata yang memiliki rentang hidup panjang di lingkungan laut dalam yang dingin dan stabil.

Sebuah studi pada 2017 yang diterbitkan dalam jurnal The Science of Nature menemukan bahwa Escarpia laminata, spesies cacing tabung yang hidup di dasar laut di Teluk Meksiko, secara teratur hidup hingga 200 tahun.

Beberapa spesimen lain bertahan selama lebih dari 300 tahun. Cacing tabung memiliki tingkat kematian yang rendah dengan sedikit ancaman alami, seperti kurangnya predator.

6. Kerang quahog laut

Kerang quahog laut (Arctica islandica) menghuni Samudra Atlantik Utara. Satu kerang laut quahog yang ditemukan di lepas pantai Islandia pada tahun 2006 berusia 507 tahun, menurut National Museum Wales di Inggris. Kerang kuno itu dijuluki Ming karena lahir pada 1499 ketika Dinasti Ming memerintah China (dari 1368 hingga 1644).

7. Ubur- ubur Turritopsis dohrnii

Turritopsis dohrnii disebut-sebut menjadi hewan yang hidup abadi. Ubur-ubur ini tidak memiliki otak dan hati dan dianggap sebagai satu-satunya makhluk abadi di Bumi. Mereka memulai hidup sebagai larva, sebelum menetap di dasar laut dan berubah menjadi polip.

Baca Juga: 9 Fenomena Alam Unik di Belahan Dunia, Ada Spaghetti Salju hingga Pohon Naga

Menurut sumber dari Museum Sejarah Alam di London, ubur-ubur yang berasal dari Laut Mediterania ini dapat mengulangi siklus hidup mereka beberapa kali dan karena itu mungkin tidak pernah mati karena usia tua dalam kondisi yang tepat.

8. Karang hitam

Karang terlihat seperti bebatuan dan tumbuhan bawah air yang berwarna-warni, tetapi sebenarnya mereka terdiri dari kerangka luar invertebrata yang disebut polip.

Polip ini terus berkembang biak dan menggantikan diri mereka sendiri dengan membuat salinan identik secara genetik, sehingga menyebabkan struktur rangka luar karang tumbuh lebih besar dan lebih besar.

Karang dapat hidup selama ratusan tahun atau lebih, tetapi karang hitam laut dalam (Leiopathes sp.) termasuk di antara yang paling lama hidupnya. Spesimen karang hitam yang ditemukan di lepas pantai Hawaii telah diukur berusia 4.265 tahun.

9. Spon kaca

Spons terdiri dari koloni hewan, mirip dengan karang, dan dapat hidup selama ribuan tahun. Spons kaca adalah salah satu spons hidup terpanjang di Bumi.

Baca Juga: 16 Hewan dengan Sifat Paling Unik di Dunia, Ada yang Cerdas hingga Licik

Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Geology memperkirakan, spons kaca milik spesies Monorhaphis chuni berusia sekitar 11.000 tahun.

10. Hydra

Hydra adalah sekelompok invertebrata kecil dengan tubuh lunak yang terlihat sedikit seperti ubur-ubur. Layaknya Turritopsis dohrnii, Hydra juga berpotensi untuk hidup selamanya. Hewan ini tidak menunjukkan tanda-tanda memburuk seiring bertambahnya usia.

11. Kura-kura raksasa galapagos

Dikutip dari merdeka.com, Kura-kura yang pertama ditemukan bangsa Spanyol di tahun 1535 ini disebut ilmuwan mampu hidup hingga 152 tahun. Umur panjang membuat kura-kura ini dapat tumbuh sampai panjang 1,5 meter dan bobot 225 kilogram lebih.

Ironisnya, kura-kura raksasa Galapagos terakhir di Galapagos National Park mati di usia 100 tahun. Kura-kura bernama George itu sebelumnya sudah hidup sendiri hingga dilaporkan mati tanggal 26 Juni 2012 lalu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga