9 Fenomena Alam Unik di Belahan Dunia, Ada Spaghetti Salju hingga Pohon Naga

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 28 Juli 2022
0 dilihat
9 Fenomena Alam Unik di Belahan Dunia, Ada Spaghetti Salju hingga Pohon Naga
Socotra Island salah satu pulau terpencil yang berada di Yaman, yang berada 380 km di selatan semenanjung Arab dan 240 km sebelah timur ujung tanduk Afrika. Foto: Repro hipwee.com

" Beberapa fenomena alam unik yang terdapat di beberapa negara yang terkadang sulit kita jumpai di Indonesia "

KENDARI, TELISIK. ID - Kita biasanya mengenal fenomena alam seperti hujan, gunung berapi dan sebagainya. Tapi nyatanya fenomena alam tak hanya sebatas itu saja. Ada beberapa fenomena alam unik yang terdapat di beberapa negara yang terkadang sulit kita jumpai di Indonesia.

Dilansir dari wikipedia.com, fenomena alam adalah peristiwa non-artifisial dalam pandangan fisika, dan kemudian tak diciptakan oleh manusia, meskipun dapat memengaruhi manusia.

Fenomena alam ini dikatakan cukup aneh karena berada di luar kelaziman. Menariknya, banyak tempat di belahan dunia yang menyuguhkan fenomena alam unik yang bisa dikunjungi dan di jadikan sebagai destinasi wisata.

Berikut ini fenomena alam unik yang terjadi di belahan dunia seperti di lansir dari viva.co.id dan liputan6.com antara lain:

1. Spotted Lake, Kanada

Spotted Lake adalah sebuah danau yang begitu dihormati oleh Okanagan, penduduk sekitar yang menganggap bahwa tempat tersebut sangat suci. Ketika musim panas, air danau akan menguap dan mineral akan tertinggal di kolam sehingga membuat warna yang berbeda setiap harinya. Danau yang sangat ciamik tersebut bisa dilihat dari Highway 3, sebelah barat laut kota Osoyoos. Tapi, tidak disarankan untuk menginjakan kaki di daerah suku pedalaman tersebut.

2. The Giant Causeaway, Irlandia Utara

Berawal sejak 60 juta tahun yang lalu ketika sebuah gunung api Meletus dan mengeluarkan lava panas. Seiring dengan berkembangnya zaman, lava tersebut kemudian membeku lewat proses pendinginan alami bertahun-tahun sampai menciptakan celah artistik yang tampak sampai saat ini.

Baca Juga: 16 Hewan dengan Sifat Paling Unik di Dunia, Ada yang Cerdas hingga Licik

Di The Giant Causeaway ada sekitar 37.000 celah polygon dan juga berbagai cerita legenda yang menjelaskan bangunan bersejarah tersebut dibuat oleh seorang raksasa. Tapi sayang, belum ada bukti kuat yang membenarkan cerita tersebut.

3. Brocken, Jerman

Saat berada di pegunungan dan berpaling dari matahari, kadang-kadang kita dapat melihat bayangan raksasa dikelilingi oleh lingkaran cahaya pelangi. Ini sebenarnya adalah bayangan si pengamat sendiri yang terpecah karena kabut.

Tetesan kecil air memecah cahaya yang kemudian membentuk lingkaran cahaya di sekitar bayangan. Fenomena ini paling sering terjadi di Brocken, sebuah gunung di Jerman.

4. Lembang Jatinga, India

Di Lembang Jatinga, India, burung-burung akan berperilaku aneh. Mereka berputar sangat rendah dan beberapa bahkan jatuh ke tanah dengan setengah sadar.

Perilaku aneh ini telah berlangsung selama berabad-abad. Burung biasanya menemukan jalannya melalui matahari dan medan magnet Bumi. Alasan perilaku aneh mereka dapat dijelaskan oleh anomali geofisika

5. Pegunungan Tianzi, China

Pegunungan ini terletak di Provinsi Hunan, China. Pegunungan yang ciamik ini adalah sebuah puncak batu kapur unik yang diselimuti dengan tanaman berwarna hijau. Pemandangan yang ditampilkan oleh Tianzi sangat indah menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan di China.

6. Tunel of Love, Ukraina

Ini adalah salah satu jalur bekas rel industri di Ukraina yang kemudian berubah menjadi sebuah lorong bersemak daun yang sangat indah seolah-olah berasal dari negeri dongeng. Tempat ini kerap menjadi favorit setiap pasangan untuk menikmati jalan-jalan romantis.

7. Spaghetti Salju, Finlandia

Seorang pria dari Hameenlinna, Finlandia, menemukan benang salju yang tampak seperti mie di danau dekat rumahnya. Dia kemudian mengetahui bahwa dia bisa mengambil benang salju tersebut dan membuat bola salju darinya. Fenomena ini kemungkinan dibentuk oleh gerakan angin dan air sebelum salju jatuh meleleh.

Baca Juga: Unik Tapi Nyata, 5 Tempat Ini Miliki Nama Sangat Panjang hingga 85 Huruf

8. Gunung Kalimutu, Indonesia

Fenomena alam teraneh berikutnya datang dari Tanah Air, yaitu Gunung Kelimutu yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Di tempat ini, kamu dapat menyaksikan tiga danau yang masing-masing mempunyai warna berbeda, mulai dari hitam, biru, dan pirus. Anehnya, tiga danau ini kerap berubah-ubah tanpa diketahui apa penyebabnya.

9. Socotra Island, Yaman

Yaman dipisahkan dari daratan Afrika sejak 6 juta tahun yang lalu, pulau terpencil ini tampak seperti latar dalam film fiksi sains. Scotra mempunyai keanekaragaman hayati yang begitu luar biasa dan unik. Di tempat lain kamu tidak akan bisa menemukan pohon naga kuno dan pohon botol bulat. Tapi, di tempat ini kamu bisa menikmatinya dengan santai. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Baca Juga