adplus-dvertising

11 Rekomendasi Minuman yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Sasmiraza, telisik indonesia
Rabu, 16 Februari 2022
1748 dilihat
11 Rekomendasi Minuman yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Ilustrasi minuman sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Foto: Repro guide.id

" Penurunan berat badan hanya bisa dicapai dengan asupan kalori yang lebih rendah dibanding energi yang dikeluarkan "

KENDARI, TELISIK.ID - Diet untuk menurunkan berat badan sering kali hanya fokus pada makanan yang dikonsumsi. Padahal minuman juga turut memengaruhi asupan kalori harian.

Akan tetapi, dikutip dari Medical News Today dari cnnindonesia.com, bahwa faktanya tidak ada minuman yang benar-benar bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Penurunan berat badan hanya bisa dicapai dengan asupan kalori yang lebih rendah dibanding energi yang dikeluarkan.


Berikut rekomendasi minuman yang dianggap bisa menurunkan berat badan, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Air Putih

Mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih minimal delapan gelas sehari sangat bermanfaat membantu penurunan berat badan. Selain menghidrasi tubuh juga menjaga tingkat energi tetap stabil.

"Minum cukup air putih setiap hari bisa meningkatkan hidrasi pada tubuh dan membantu meningkatkan level energi serta mood. Selain itu minum air putih sebelum makan membuat perut terasa lebih kenyang sehingga kamu bisa mengontrol porsi makan," ujar pakar nutrisi Erin Palinski-Wade, R.D., C.D.C.E.S.

2. Teh Hijau

Sudah banyak orang yang mengenal manfaat teh herbal ini. Teh hijau merupakan sumber anti oksidan paling kuat yang dapat bantu memperbaiki fungsi tubuh. Selain itu teh hijau juga kaya akan catechin, jenis antioksidan yang dipercaya meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak. Namun konsumsinya harus dibatasi tidak lebih dari dua cangkir sehari.

3. Air Lemon

Karena air lemon rendah kalori, bisa sebagai pengganti yang bagus untuk minuman yang kurang sehat seperti soda, es teh, dan jus yang kerap mengandung tambahan gula. Manfaat air lemon dapat membatasi asupan kalori dan berpotensi membantu penurunan berat badan.

4. Jus Mentimun

Baca Juga: Simak 4 Manfaat Menangis yang Jarang Diketahui

Menurut Dr. Anju Sood, seorang ahli gizi di Bangalore, jus mentimun bisa dikonsumsi sebagai minuman untuk menurunkan berat badan. Jus ini kaya akan antioksidan dan dapat meningkatkan metabolisme. Selain itu jus mentimun juga rendah kalori sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi orang-orang yang ingin menjaga atau menurunkan berat badannya.

5. Kopi

Satu cangkir kopi hitam sebelum olahraga bermanfaat membantu penurunan berat badan. Minumlah kopi hitam tanpa gula dan susu minimal 30 menit sebelum berolahraga untuk mendapatkan efek yang maksimal. Minum kopi sebelum berolahraga bisa membantu membakar lebih banyak lemak dan kalori.

6. Infused Water

Mengganti minuman berkalori tinggi dengan air tidak hanya menurunkan kadar kalori setiap habis makan, tetapi juga meningkatkan pencernaan dan metabolisme tubuh. Jika bosan dengan air putih biasa, isi segelas air dengan es batu dan campuran di dalamnya, seperti irisan ketimun, irisan jeruk nipis, kemangi, dan daun mint.

7. Air Kelapa

Minum air kelapa setelah olahraga lebih sehat dibandingkan energy drink yang mengandung banyak gula dan kalori. Kandungan air kelapa yang rendah gula juga baik untuk kesehatan tubuh dan mempercepat penurunan berat badan. Karena itu air kelapa juga termasuk minuman untuk menurunkan berat badan.

8. Teh Jahe

Dikenal memberikan kehangatan ketika tubuh kedinginan, teh jahe ternyata dianggap sebagai salah satu minuman penurun berat badan.

Para ahli bahkan menyebutkan bahwa teh jahe meningkatkan efek termal makanan (total penyerapan energi) sebesar 43 kalori.

Meski angkanya terbilang kecil, tidak ada salahnya untuk sesekali minum teh jahe dalam program diet Anda.

9. Jus sayuran

Sudah bukan rahasia umum lagi bila sayuran menawarkan segudang manfaat bagi tubuh. Terlebih lagi, sayuran yang diolah menjadi jus diklaim sebagai minuman penurun berat badan.

Hanya saja, Anda perlu memilih jenis sayuran rendah sodium untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca Juga: Ini Makanan Terbaik Bikin Panjang Umur, Apa Saja?

Minum jus sayuran dianggap dapat mengurangi jumlah konsumsi karbohidrat yang berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

10. Teh Hitam

Seperti halnya teh hijau, teh hitam juga mengandung senyawa yang dapat merangsang penurunan berat badan, menjadikannya minuman untuk diet yang bagus.

11. Minuman Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat, senyawa yang dapat merangsang penurunan berat badan dengan menurunkan kadar insulin, meningkatkan metabolisme, menekan nafsu makan dan membakar lemak.

Cuka sari apel memperlambat pengosongan perut, yang membantu tubuh merasa kenyang lebih lama dan dapat mengurangi perilaku makan berlebihan.

Namun, perlu dicatat bahwa minum minuman asam seperti cuka sari apel dapat mengikis gigi, oleh karena itu harus dikonsumsi dengan hemat dan selalu diikuti dengan berkumur dengan air. (C)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga