11 Wajah Artis Tanah Air Ramaikan Pilkada Serentak 2024

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Sabtu, 31 Agustus 2024
0 dilihat
11 Wajah Artis Tanah Air Ramaikan Pilkada Serentak 2024
Setidaknya ada sebelas artis di Indonesia ikut Pilkada serentak 2024. Foto: Kolase GridArt

" Sederet artis Indonesia telah memastikan diri maju sebagai calon kepala Daerah dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sederet artis Indonesia telah memastikan diri maju sebagai calon kepala Daerah dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.

Dari deretan artis tersebut, ada yang mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur, calon bupati, calon wakil bupati, dan calon wali kota.

Kehadiran para artis ini tentu menjadi daya tarik tersendiri dalam kancah perpolitikan lokal, mengingat popularitas mereka yang telah dikenal luas oleh masyarakat.

Semula, ada sembilan artis yang diduga akan maju dalam Pilkada Serentak 2024. Namun, hingga Kamis (29/8/2024) malam, jumlah ini bertambah menjadi 11 artis yang resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada tahun ini.

Beberapa dari mereka bahkan telah memiliki pengalaman sebagai kepala daerah, sementara yang lainnya baru pertama kali terjun ke dunia politik.

Keputusan para artis ini untuk terjun ke dunia politik tentu menarik perhatian publik. Dengan latar belakang sebagai figur publik, mereka diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi daerah yang mereka pimpin.

Baca Juga: Penggunaan LPG Segera Distop Pemerintah, Ternyata Ini Penggantinya

Telisikers, siapa saja artis Indonesia yang maju dalam Pilkada Serentak 2024? Berikut adalah daftarnya:

1. Krisdayanti  

Mengutip CNBC Indonesia, Sabtu (31/8/2024), penyanyi Krisdayanti resmi maju dalam Pilkada Kota Batu 2024 sebagai calon wali kota, didampingi oleh Kresna Dewanata Phrosakh sebagai calon wakil wali kota. Keduanya diusung oleh PDIP dan NasDem.

Krisdayanti, yang merupakan penyanyi kelahiran Kota Batu, resmi mendaftar ke KPUD Kota Batu pada Rabu lalu sekitar pukul 09.55 Wib dengan menggunakan mobil jip.

2. Rano Karno

Kiprah Rano Karno dalam dunia politik tidaklah baru. Sebelumnya, Rano pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Tangerang (2008-2011), Wakil Gubernur Banten (2012-2014), dan Gubernur Banten (2015-2017). Pada Pilkada 2024, Rano maju sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, berpasangan dengan Pramono Anung.

Mereka diusung oleh PDIP dan resmi mendaftarkan diri ke KPUD Jakarta pada 28 Agustus 2024.

3. Gilang Dirga

Komedian dan presenter Gilang Dirga maju dalam Pilkada Kabupaten Bandung Barat 2024 sebagai calon wakil bupati, mendampingi Didik Agus T. Pasangan ini diusung oleh Partai Demokrat dan PKS.

Dengan tema Dilan, keduanya resmi mendaftarkan diri ke KPUD Kabupaten Bandung Barat pada Rabu lalu.

4. Ritchie Ismail (Jeje Govinda)

Artis Ritchie Ismail atau Jeje Govinda turut maju sebagai calon bupati Bandung Barat, didampingi oleh Asep Ismail sebagai calon wakil bupati. Pasangan ini diusung oleh PAN dan Gerindra.

Jeje dan Asep sempat terombang-ambing setelah sebelumnya Jeje didaulat untuk mendampingi Abdul Harris Bobihoe, yang akhirnya dipindahtugaskan oleh Partai Gerindra.

5. Ronal Surapradja

Artis Ronal Surapradja resmi maju sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat, didampingi Jeje Wiradinata sebagai calon gubernur Jawa Barat dari PDIP. Pasangan ini resmi mendaftar ke KPUD Jawa Barat pada Kamis malam, meskipun Ronal dan Jeje tidak hadir langsung dalam pendaftaran.

6. Vicky Shu

Penyanyi Vicky Shu memastikan diri maju dalam Pilkada Kabupaten Cilacap 2024 sebagai calon wakil bupati, mendampingi Awaluddin Muuri. Keduanya diusung oleh Gerindra, NasDem, dan PPP, dan resmi mendaftarkan diri ke KPUD Kabupaten Cilacap pada Kamis kemarin, bersumber dari Antara.

7. Hengki Kurniawan

Artis sekaligus petahana Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan, kembali maju dalam Pilkada 2024 sebagai calon bupati Bandung Barat. Hengki dipasangkan dengan Ade Sudrajat dan diusung oleh PDIP, NasDem, Partai Buruh, Perindo, dan PPP.

Hengki dan Ade menjadi pasangan terakhir yang mendaftar di KPUD Kabupaten Bandung Barat pada Kamis kemarin.

8. Sahrul Gunawan

Sahrul Gunawan, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Bandung, maju sebagai calon bupati Bandung bersama Gun Gun Gunawan. Mereka diusung oleh Partai Golkar, PKS, PPP, Hanura, Partai Ummat, dan Partai Garuda, dan mendaftarkan diri ke KPUD Kabupaten Bandung pada Kamis kemarin.

Baca Juga: Mundur dari Kabinet Jokowi, Segini Nominal Uang Pensiunan Risma Lepas Jabatan Mensos

9. Lucky Hakim

Lucky Hakim kembali maju pada Pilkada 2024 di Indramayu. Setelah sebelumnya terpilih, Lucky kini mencoba peruntungannya sebagai calon bupati Indramayu dengan dukungan dari PKS, NasDem, PKN, Hanura, PBB, PPP, Gelora, dan Partai Buruh.

Lucky berpasangan dengan Saefudin dan mendaftarkan diri ke KPUD Indramayu pada Selasa, 27 Agustus 2024.

10. Gita KDI

Penyanyi dangdut jebolan KDI, Gita KDI, maju sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat, mendampingi Acep Adang Ruhiat yang diusung oleh PKB. Pasangan ini mendaftarkan diri ke KPUD Jawa Barat pada Kamis malam.

11. Ali Syakieb

Ali Syakieb maju bersama Dadang Supriatna dalam Pilkada Kabupaten Bandung Barat. Mereka diusung oleh PKB, NasDem, Gerindra, Demokrat, dan PDIP. Keduanya mendaftarkan diri ke KPUD Kabupaten Bandung Barat pada Kamis kemarin, siap meramaikan kontestasi politik di Bandung Barat. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga