Masyarakat Miskin Lawa Raya Terima BLT APBD

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 29 Desember 2022
0 dilihat
Masyarakat Miskin Lawa Raya Terima BLT APBD
Pemerintah Kabupaten Muna Barat serahkan BLT APBD pada masyarakat di dua kelurahan yang ada di Lawa Raya. Foto: Ist.

" Masyarakat kelurahan tergolong tidak mampu di Lawa Raya, Kabupaten Muna Barat, mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah daerah "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Masyarakat kelurahan tergolong tidak mampu di Lawa Raya, Kabupaten Muna Barat, mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah daerah. Pemberian BLT ini bertujuan untuk mengurangi kemiskinan di tengah inflasi.

Penjabat Bupati Muna Barat, Dr. Bahri mengatakan, pemberian BLT ini sesuai arahan presiden, mendagri, serta gubernur dan wali kota untuk melaksanakan dua program nasional, yaitu program pengentasan kemiskinan ekstrem dan pengendalian inflasi daerah.

"Program ini bermuara pada mengurangi tingkat kemiskinan masyarakat di tengah tingginya inflasi daerah," ujarnya, Kamis (29/12/2022).

Dikatakan, dalam konteks kemiskinan, pemerintah wajib melaksanakan tiga strategi, di antaranya strategi mengurangi pengeluaran masyarakat yaitu dengan diadakan pasar murah, meningkatkan pendapatan masyarakat serta mengurangi kantong-kantong kemiskinan melalui BLT.

Baca Juga: Obat Senilai Rp 1 Miliar Dimusnahkan di Muna Barat

Ia menambahkan, dalam konteks kantong miskin, bukan hanya terkait pendapatan masyarakat, namun melihat keadaan rumah, maka perlu diadakan program bedah rumah.

Untuk itu, pemerintah membuat kebijakan menyalurkan BLT untuk masyarakat kelurahan. Pasalnya, selama ini masyarakat desa sudah menerima BLT melalui ADD.

Baca Juga: Dua Cakades Penggugat Menangkan PSU Pilkades di Muna

"Saya berinisiatif memberikan BLT pada warga yang ada di kelurahan melalui APBD dengan bantalan Intruksi Presiden Nomor 1 tahun 2021 terkait pengentasan kemiskinan ekstrem," pungkasnya.

Sementara itu, Lurah Wamelai, Ali Ode Pua mengatakan, pusat penerimaan BLT di gedung Kelurahan Wamelai. Ia sangat mengapresiasi serta berterima kasih atas bantuan yang disalurkan pemerintah daerah kepada masyarakat miskin di Kelurahan Wamelai dan Kelurahan Lapadaku, mengingat selama ini masyarakat kelurahan tidak merasakan bantuan tersebut.

"Di Kelurahan Wamelai penerima BLT sebanyak 119 KK, dan Kelurahan Lapadaku sebanyak 131 KK," tutupnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga