Kerjasama Maritim dan Pertahanan, Jatim Gandeng Kerajaan Denmark

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 22 November 2021
0 dilihat
Kerjasama Maritim dan Pertahanan, Jatim Gandeng Kerajaan Denmark
Gubernur Jatim, Khofifah. Foto: Ist.

" Provinsi Jawa Timur (Jatim) dan Kerajaan Denmark menjalin kerjasama di bidang maritime dan industri pertahanan "

SURABAYA, TELISIK.ID - Provinsi Jawa Timur (Jatim) dan Kerajaan Denmark menjalin kerjasama di bidang maritime dan industri  pertahanan.

Di depan konsulat Denmark, Gubernur Khofifah mengatakan, Jatim memiliki infrastruktur yang lengkap dan modern seperti Bandara Internasional Juanda dan Pelabuhan Tanjung Perak yang merupakan pelabuhan terbesar kedua di Indonesia setelah Tanjung Priok Jakarta.

“Jadi pilihan yang tepat Kerajaan Denmark menjalin hubungan dengan Jatim karena menjadi hubungan perekonomian kawasan Indonesia bagian Timur,” jelas Khofifah di Surabaya, Senin (22/11/2021).

Mantan Mensos ini mengatakan, Jatim juga satu dari penopang stok pangan Indonesia. Lokasi Jawa Timur, katanya, sangat strategis sebagai pusat grafitasi dan gerbang perekonomian untuk Indonesia wilayah timur.

Baca Juga: Kunjungi Kampung Bajo Kecamatan Tanggetada, ASR Bantu Perbaikan Jalan

Khofifah pun menyampaikan bahwa Jawa Timur memiliki PT. PAL yang bergerak di bidang pembuatan kapal. Kemudian terdapat PT. Pindad yang juga sebagai industri alat pertahanan berkelas dunia.

Selain itu, kata Khofifah, Jatim juga memiliki perguruan tinggi yang memiliki fakultas teknologi kelautan yaitu ITS.

Oleh sebab itu, ia mengajak Kerajaaan Denmark untuk dapat mengembangkan kerjasama antara Kerajaan Denmark dan Jatim utamanya di bidang maritim dan industri pertahanan.

Baca Juga: Kelompok Nelayan di Kolut Apresiasi Putusan Pemda Terkait Tambak Labuh

"Kami berharap kerjasama yang saling menguntungkan dapat dibangun antara kerajaan Denmark dan Jatim. Kami berharap Denmark yang memiliki keunggulan di bidang perkapalan dan industri pertahanan dapat membangun dan mengembangkan investasi di bidang perkapalan dan pertahanan dengan teknologi tinggi di Jawa Timur," harapnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga