131 Desa di Nusa Tenggara Timur Teraliri Listrik Sepanjang 2022

Berto Davids, telisik indonesia
Kamis, 29 Desember 2022
0 dilihat
131 Desa di Nusa Tenggara Timur Teraliri Listrik Sepanjang 2022
PLN telah melistriki 131 desa di Nusa Tenggara Timur. Foto: Ist.

" Sebanyak 131 desa yang tersebar di Nusa Tenggara Timur sudah teraliri listrik sepanjang Januari-Desember 2022 "

KUPANG, TELISIK.ID - Sebanyak 131 desa yang tersebar di Nusa Tenggara Timur sudah teraliri listrik sepanjang Januari-Desember 2022.

General Manager PLN UIW Nusa Tenggara Timur, Fintje Lumembang menjelaskan, sejumlah infrastruktur dibangun untuk mengalirkan listrik ke-131 desa, seperti jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 323,51 kilo meter sirkuit (kms) dan jaringan tegangan rendah (JTR) 596,61 kms.

Selain itu, dibangun pula 120 unit gardu dengan kapasitas sebesar 5.975 kilo volt ampere, serta 6 pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk melistriki desa di pulau-pulau kecil.

Baca Juga: Bakal Calon DPD RI Ini Bawa Target Menang, Ini Pengakuannya

Baca Juga: Polda Catat 76 Titik Rawan Macet Diwaspadai Saat Pergantian Tahun 2023 di Jawa Timur

Pembangunan listrik perdesaan tersebut, kata dia, menyasar sebanyak 28.023 Kepala Keluarga yang tersebar di 21 kabupaten di Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, Manager PLN Nusa Tenggara Timur, Agustinus Jatmiko mengaku, pembangunan listrik perdesaan menghadapi kondisi yang cukup menantang, karena banyak desa di wilayah pelosok dengan kondisi topografi berbukit, curam, serta akses jalan yang masih sulit dilewati, serta cuaca ekstrem.

Namun dengan dukungan berbagai pihak, terutama pemerintah daerah dan masyarakat, kata dia, pembangunan terealisasikan hingga masyarakat dapat menikmati listrik PLN.

Ia mendorong masyarakat desa yang sudah terjangkau jaringan listrik PLN agar dapat menyambung listrik ke rumah masing-masing, serta memanfaatkan energi listrik secara optimal untuk menggerakkan berbagai sektor pembangunan untuk kemajuan desa. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga