Polda Catat 76 Titik Rawan Macet Diwaspadai Saat Pergantian Tahun 2023 di Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 29 Desember 2022
0 dilihat
Polda Catat 76 Titik Rawan Macet Diwaspadai Saat Pergantian Tahun 2023 di Jawa Timur
Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Taslim membeberkan ada 76 titik macet di Jawa Timur yang perlu diwaspadai saat pergantian tahun baru 2023. Foto: Ist.

" Ada 76 titik rawan macet dan 72 titik rawan laka lantas di Jawa Timur dalam catatan polisi yang perlu diantisipasi masyarakat dalam perayaan pergantian tahun baru 2023. Tak hanya itu, Polda Jawa Timur juga mencatat ada 104 daerah rawan adanya pelanggaran "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ada 76 titik rawan macet dan 72 titik rawan laka lantas di Jawa Timur dalam catatan polisi yang perlu diantisipasi masyarakat dalam perayaan pergantian tahun baru 2023. Tak hanya itu, Polda Jawa Timur juga mencatat ada 104 daerah rawan adanya pelanggaran.

"Kami siapkan pospam dan posko taktis dengan menempatkan personel di titik-titik tersebut," kata Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Taslim, Kamis (29/12/20220.

Taslim mengatakan, dari catatan pihaknya untuk titik rawan macet berada di kota-kota besar, di antaranya di Surabaya, Malang dan Batu.

Baca Juga: Ketua DPC Gerindra Resmi Jabat PAW DPRD Kolaka Utara

"Kami lakukan penyekatan di kota-kota besar tersebut untuk mengurangi volume manusia yang masuk ke dalam kota," jelasnya.

Tak hanya itu, Polda Jawa Timur telah memberikan atensi untuk Malang Raya dan Batu. Alasannya, dua wilayah tersebut menjadi sasaran kunjungan wisata di Jawa Timur dalam pergantian tahun baru nanti.

"Di Malang Raya semua jalur alternatif dibuka dengan mengerahkan kekuatan untuk menciptakan rasa aman. Di intensifkan juga melakukan pemeriksaan dengan sasaran senjata tajam, narkoba dan miras," terangnya.

Taslim mengaku, kawasan wisata di Malang Raya menjadi titik paling rawan kemacetan, karena jumlah volume kendaraan yang masuk melebihi kapasitas jalan.

"Untuk itulah, satu-satunya upaya yang dilakukan aparat kepolisian adalah menjaga arus lalu lintas tetap berjalan," terangnya.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Toni Harmanto beberapa waktu lalu mengatakan, jumlah personel yang dilibatkan sebanyak 18.855. Rinciannya, dari Polda 11.186, TNI sebanyak 1.825, Pemda sebanyak 3.797 dan elemen masyarakat yang kita ikutkan sebanyak 2.047.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Beber Tempat Wisata di Jawa Timur Layak Dikunjungi saat Pergantian Tahun

"Itu kekuatan personal yang kita libatkan dalam kegiatan ini," kata mantan Kapolda Sumbar ini.

Terkait pengamanan dan pelayanan selama nataru, Jenderal Bintang Dua tersebut mengaku seluruh stakeholder dilibatkan.

"Semuanya dipastikan akan bekerja sama dalam mengawal kenyamanan, keamanan dan keselamatan masyarakat selama jalannya natal dan tahun baru 2023," tandasnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga