2 Mahasiswa Vokasi UHO Raih Juara Tingkat Nasional

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 20 Februari 2023
0 dilihat
2 Mahasiswa Vokasi UHO Raih Juara Tingkat Nasional
Mahasiswa Vokasi UHO raih predikat harapan dua sekaligis best presentation pada ajang lomba karya tulis ilmiah geosac 2023. Foto: Ist.

" Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Lomba Karya Tulis Ilmiah Geosac kembali diadakan tahun 2023 yang bertempat di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat dan diikuti oleh peserta dari berbagai universitas di Indonesia.

Program Pendidikan Vokasi Universitas Halu Oleo (UHO), juga mengirimkan dua orang mahasiswanya untuk mengikuti ajang tersebut.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Geosac 2023 merupakan salah satu rangkaian acara dari kegiatan ASEAN Geography Smart Competition yang diikuti oleh mahasiswa (S1, D1, D2, D3 dan D4) di seluruh Indonesia dengan 1 tim terdiri dari 2 orang mahasiswa.

Peserta lomba akan melalui seleksi tahap Abstrak dan Full Paper untuk menjadi finalis LKTIN Geosac 2023. Finalis yang terpilih akan diundang dan melakukan presentasi di hadapan juri secara langsung di kampus Universitas Pendidikan Indonesia Bumi Siliwangi pada tanggal 14 Februari 2023.

Program Pendidikan Vokasi Universitas Halu Oleo (UHO), Kiran Saputra Dapa dan Idham Halik berhasil meraih predikat harapan dua sekaligus best presentation pada ajang tersebut.

Baca Juga: Tim Elektrobot UHO Kendari Siap Ikut Kontes Robot di Semarang

Dosen pembimbing, Muhammad Zakaria Umar mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia.

"Alhamdulillah mahasiswa kami raih predikat harapan dua dari sepuluh finalis yang terseleksi. Tak hanya itu mereka juga raih best presentation. Sekedar informasi, kedua mahasiswa kami itu merupakan mahasiswa D3 Teknik Arsitektur," ujar Zakaria.

Adapun judul LKTIN dua mahasiswa ini adalah "Inovasi Toilet Portable Berdinding Kulit Sekunder Limbah Kulit Kerang Kalandue (anadara grandis) yang Ramah Lingkungan."

Penelitian tersebut dilakukan di jalan poros Kendari-Konawe, Desa Leppe, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Selaku pembimbing, Zakaria senantiasa memberi ruang pada mahasiswa yang ingin menggali dan meningkatkan potensi kreativitasnya dengan harapan agar mahasiswa terus menggali potensi diri mereka masing-masing.

Salah satu mahasiswa berprestasi, Idham Halik mengungkapkan, kegiatan tersebut diikuti seluruh Uluniversitas di Indonesia baik itu negeri maupun swasta.

Baca Juga: Praktik Kerja Lapangan Cetak Alumni Siap Kerja

"Peserta awal kurang lebih ada 25 orang sedangkan yang berhasil masuk final hanya 10 orang. Alhamdulillah kami masuk harapan dua. Saya juga berharap ke depannya untuk adik-adik saya di Vokasi bisa melanjutkan prestasi seperti ini dibidang apapun sesuai dengan kemampuannya. Karena itu untuk kualitas diri kita sendiri, juga untuk fakultas," ujarnya.

Sementara Kiran Saputra Dapa berpesan kepada rekannya sesama mahasiswa agar terus meningkat inovasi serta kreativitas. Juga harus terus mengikuti lomba baik itu dari bidang arsitektur maupun bidang lainnya.

"Jangan malu atau minder untuk mengikuti lomba, karena semua orang punya potensinya masing-masing," katanya. (A)

Laporan: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga