Tim Elektrobot UHO Kendari Siap Ikut Kontes Robot di Semarang

Muhammad Adhiatma Hidayat , telisik indonesia
Kamis, 16 Februari 2023
0 dilihat
Tim Elektrobot UHO Kendari Siap Ikut Kontes Robot di Semarang
Tim Elektrobot UHO Kendari saat mengikuti kontes robot pada tahun 2022 lalu. Foto: Ist.

" Tim Elektrobot Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari tengah bersiap untuk mengikuti kontes robot di Semarang pada bulan Mei hingga Juni mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Tim Elektrobot Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari tengah bersiap untuk mengikuti kontes robot di Semarang pada bulan Mei hingga Juni mendatang.

Tim ini sendiri bakal menurunkan 3 divisi yang akan mengikuti kontes, di antarannya Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI).

Melansir dari Kri2023.usm.ac.id yakni situs Kontes Robot Indonesia 2023 yang akan diselanggarakan di Universitas Semarang, terdapat tiga agenda yang bakal digelar di antaranya KRI Wilayah 1, KRI Wilayah 2 dan KRI Nasional.

Baca Juga: Pembayaran UKT Mahasiswa UHO Diperpanjang

Sedangkan untuk kategori kompetisi yang ada dalam kontes robot tersebut terdapat 6 kompetisi yakni KRAI, KRSRI, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Beroda (KRSBI-B), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia-Humanoid (KRSBI-H), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan KRTMI.

Dari pernyataan tersebut dikatakan, penyelenggaraan seleksi wilayah 1 dan 2 akan dilaksanakan pada 29 Mei sampai 4 Juni secara daring, dan pendaftaran kontes pada 15 Februari sampai 10 Maret.

Sedangkan untuk pelaksanaan tingkat nasional bakal digelar pada 5-10 Juli 2023 mendatang.

Untuk tema yang diangkat dalam kontes robot tersebut akan berbeda-beda setiap tahunnya, menurut Aldiansyah yang merupakan ketua tim elektrobot mengatakan, tema yang akan diselanggarakan nantinya tergantung dari negara atau tuan rumah dari penyelenggara kontes robot tersebut.

"Kalau yang tahun ini dari tuan rumah, temanya dia kayak melempar ring, dari bawah ada ring tinggi, itu dilempar kayak ring dimasukkan ke dalam tiang sama robotnya," ujar Aldiansyah, Kamis (16/2/2023).    

Ia juga menjelaskan, saat ini tim elektrobot sedang dalam tahap desain robot, serta menunggu tahap pendaftaran dari pihak penyelenggara.

"Kalau sudah buka baru kita buat proposal untuk disetor, lagi rancang robot sekarang dan desainnya sudah ada," lanjutnya.

Penyelenggaraan dari Kontes Robot Indonesia nanti dikabarkan bakal terus diupdate setiap tahunnya, hal yang akan terus ditingkatkan yaitu arena untuk pengadaan kontesnya. Selain dari arena, robot yang akan diikutsertakan juga harus selalu ditingkatkan.

Hal itu seperti diungkapkan oleh Juliarta yang merupakan ketua tim elektrobot divisi SAR yang mengatakan untuk desain dari robot yang akan diperlombakan, mereka akan mengambil model pada kontes robot tahun lalu, hanya merubah sedikit beberapa desain robot.

"Cuman ada sedikit perubahan manipulasi itu untuk tahun ini dari robotnya," ujar Juliarta.

Terdapat beberapa pesaing berat yang nantinya akan mengikuti kompetisi tersebut, salah satunya adalah satu institut yang berasal dari tuan rumah penyelenggara di Semarang. 

Selain itu untuk arena dari kontes robot sendiri menurut Juliarta akan lebih sulit untuk tahun ini, terutama untuk robot divisi SAR.

Baca Juga: Mahasiswa Libur Warkop Area UHO Sepi Pengunjung

"Kemarin malam keluar juknisnya arena untuk SAR semakin sulit karena terdapat 6 korban yang harus diselamatkan robot ke zona aman," ungkap Juliarta.

Namun, tim Elektrobot UHO Kendari memiliki keyakinan tinggi dalam kemampuan robot mereka yang akan diperlombakan nanti, karena mereka sendiri telah mempersiapkan diri secara matang dan mengembangkan teknologi canggih untuk memastikan keberhasilan robot mereka.

Kontes robot di Semarang akan menjadi panggung untuk menunjukkan kemampuan dan kreativitas tim Elektrobot UHO, serta untuk berkompetisi dengan tim robot terbaik dari seluruh Indonesia. (A)

Penulis: Muhammad Adhiatma Hidayat

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga