Dikbud Sulawesi Tenggara Optimalkan Peningkatan Standar Pendidikan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 16 Desember 2023
0 dilihat
Dikbud Sulawesi Tenggara Optimalkan Peningkatan Standar Pendidikan
Susana saat para guru mengikuti sosialisasi pemanfaatan media belajar. Foto: Dok. Telisik

" Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara terus berupaya maksimal dalam mendukung peningkatan standar pendidikan di wilayah ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara terus berupaya maksimal dalam mendukung peningkatan standar pendidikan di wilayah ini.

Beberapa langkah strategis telah diambil untuk memastikan bahwa kualitas pendidikan di Sulawesi Tenggara terus meningkat. Salah satu langkah nyata yang diambil oleh Dikbud Sulawesi Tenggara adalah mendukung guru-guru untuk meningkatkan kompetensi mengajar dan soft skillnya.

Cara meningkatkan soft skill ini dilakukan dengan melibatkan guru-guru yang telah mendapatkan pelatihan dengan baik dari master teacher di Teacher Learning Center (TLC). Pelatihan ini telah berhasil melahirkan guru-guru yang berkualitas, sehingga kualitas pendidikan di Sulawesi Tenggara dapat merata di berbagai daerah.

Kepala Dinas Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin mengatakan, untuk meningkatkan kualitas guru secara merata, maka guru-guru yang telah mengikuti pelatihan di TLC diharapkan tidak pelit untuk mengajarkan kepada guru lainnya.

Harus diingatkan, kata dia, ke depannya kualitas guru tidak hanya boleh berhenti pada standar kualitas lokal, melainkan perlu meningkatkan kualitas guru-guru hingga mencapai standar nasional dan internasional.

Baca Juga: Dikbud Sultra Terus Mendorong Kolaborasi antara SMK dengan Dunia Industri di Sulawesi Tenggara

Langkah ini penting untuk mencapai hasil yang diinginkan, yaitu peningkatan kualitas tidak hanya pada beberapa guru saja, tetapi juga merata kepada guru-guru lainnya. Dengan demikian, dampaknya akan terasa pada kemampuan belajar mengajar yang dapat melahirkan siswa yang berkualitas.

Suasana pengayaan siswa-sisiwi SMAN 1 Kendari. Foto: Dok. Telisik

 

Pentingnya peningkatan standar pendidikan telah disampaikan, terutama dalam hal partisipasi siswa-siswa dalam olimpiade. Saat ini, banyak di antara mereka hanya berpartisipasi di tingkat lokal, dan mungkin merasa kurang percaya diri untuk mengikuti kompetisi di tingkat nasional.

Namun, melalui usaha bersama dan peningkatan kualitas pendidikan, harapannya mereka dapat meraih prestasi lebih tinggi, bahkan di tingkat nasional.

“Saya sudah sampaikan bahwa standar pendidikan kita harus ditingkatkan terus,” kata Yusmin.

Baca Juga: Gelar Lomba Seni, Dikbud Sulawesi Tenggara Kembangkan Bakat Siswa SMA dan SMK

Kepala sekolah SMAN 1 Kendari, Ruslan menyatakan, peningkatan kualitas guru tidak hanya memberikan manfaat kepada para guru, tetapi juga memberikan dampak positif kepada seluruh siswa.

Dengan kualitas guru yang meningkat, siswa memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan bakat dan kreativitasnya.

“Siswa-siswi kita sudah bisa bersaing di skala nasional dan kita harapkan bisa menuju internasional,” ujarnya. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga