2 Pahlawan Asal Buton Diabadikan Sebagai Nama Jalan

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Kamis, 11 November 2021
0 dilihat
2 Pahlawan Asal Buton Diabadikan Sebagai Nama Jalan
La Karambau atau Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau lebih dikenal dengan gelar Oputa Yi Koo (kanan) dan Komjen Moehammad Jasin (kiri). Foto: Ist.

" Diketahui bahwa kedua tokoh tersebut telah resmi menyandang sebagai pahlawan nasional karena jasa-jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia "

BUTON, TELISIK.ID - Dua Pahlawan Nasional asal Buton yaitu Moehammad Jasin dan La Karambau atau Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi dengan gelar Oputa Yi Koo dijadikan sebagai nama jalan di Kabupaten Buton.

Diketahui bahwa kedua tokoh tersebut telah resmi menyandang sebagai pahlawan nasional karena jasa-jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

La Karambau atau Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi atau lebih dikenal dengan gelar Oputa Yi Koo terkenal dengan nilai-nilai kepahlawanan perjuangan nasionalnya bergerilya melawan penjajah Belanda.

Sedangkan Moehammad Jasin adalah tokoh pahlawan asal Buton yang lahir di Baubau, dikenal sebagai prajurit kemerdekaan pendiri Brimob.

Baca Juga: Peringatan Hari Pahlawan, Ratusan Kendaraan Tua Keliling Kota Makassar

Baca Juga: Ketua PDIP Sumut: Perjuangan Tidak Hanya Memikul Senjata

Bupati Buton Drs. La Bakry M.Si dalam sebuah dialog publik dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, yang digelar Dewan Pimpinan Daerah Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Sulawesi Tenggara, di sebuah warung kopi di Kota Baubau mengatakan, kedua nama pahlawan tersebut telah diabadikan sebagai nama jalan di Kabupaten Buton.

"Artinya kami memanfaatkan peluang tidak hanya untuk mengenang dan dipercakapkan, tetapi juga diabadikan sebagai nama jalan," jelas La Bakry, Rabu (10/11/2021).

Sehingga setiap saat masyarakat khususnya generasi muda bisa melihat dan mengingat jasa-jasa dua pahlawan tersebut untuk negara ini.

"Dibagi 2 yaitu dari titik nol di Tugu Aspal sampai di kantor Polres Buton itu Jalan Komjen Muhammad Jasin sedangkan dari Polres sampai ke Takawa itu jalan Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi," jelasnya. (C)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga