258 Bacakades Bakal Ikut Seleksi Tertulis

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 05 Oktober 2022
0 dilihat
258 Bacakades Bakal Ikut Seleksi Tertulis
Kadis PMD Muna, Rustam menjelaskan soal rencana tes tertulis Bacakades. Foto : Sunaryo/Telisik

" Tahapan seleksi administrasi terhadap Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) di 124 desa di Kabupaten Muna telah selesai "

MUNA, TELISIK.ID - Tahapan seleksi administrasi terhadap Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) di 124 desa di Kabupaten Muna telah selesai.

Tercatat sekitar 554 Bacakades terdaftar. Nah, untuk 37 desa, karena jumlah Balonnya lebih dari lima orang, maka akan mengikuti seleksi tambahan tertulis yang dijadwalkan pada 15 Oktober mendatang.

"Dari 37 desa itu, yang akan akan ikut seleksi tertulis sebanyak 258 orang," kata Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Muna, Rustam, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga: Pj Bupati Buton Tengah Salurkan BLT BBM dan Sembako ke Warga

Untuk seleksi tertulis, Desk Pilkades kabupaten menggandeng Universitas Haluoleo (UHO) Kendari dalam pembuatan naskah test. Naskah akan disusun oleh Tim Seleksi (Timsel) UHO dan akan dibagikan pada saat pelaksanaan seleksi.

"Timsel yang periksa hasil jawaban dan melakukan penilaian. Setelah itu, akan diakumulasi antara hasil penilaian seleksi administrasi dan tes tertulis," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Desk Pilkades Kabupaten, Hidayat Ardi Ponto menerangkan, penetapan calon kades baru akan dilakukan setelah pelaksanaan seleksi tambahan. Sesuai rencanan, penatapan calon akan dilakukan pada 18 Oktober mendatang.

Baca Juga: Wakil Bupati Ahali Minta Kontraktor di Buton Utara Kerja yang Benar

Kini, pihaknya tengah mempersiapkan pelaksanaan seleksi tertulis dengan melakukan koordinasi dengan Timsel dari UHO.

"Kita akan koordinasikan dulu untuk lokasi tesnya. Kita siapkan itu ada dua, antara di Rujab dan SOR La Ode Pandu," terangnya.

Sekedar diketahui, Bacakades terbanyak berada di Desa Bangunsari, Kecamatan Lasalepa dengan jumlah 11 orang. Disusul, Desa Labasa, Kecamatan Tongkuno Selatan 10 orang,  Lianosa, Kecamatam Tongkuno 7 orang, Bangkali, Kecamatan Watoputeh dan Lupia, Kecamatan Kabangka masing-masing 7 orang. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga