Pemda Konawe Kepulauan Pastikan RKPD 2025 Tepat Sasaran

Lukman Nul Hakim, telisik indonesia
Senin, 05 Februari 2024
0 dilihat
Pemda Konawe Kepulauan Pastikan RKPD 2025 Tepat Sasaran
Pemkab Konawe Kepulauan gelar acara Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang bertempat di balai Desa Langkowala, Kecamatan Wawonii Barat. Foto: Lukman Nul Hakim/Telisik

" Sesuai dengan rancangan RKPD tahun 2025, pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Gelar Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan, Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan bertekad melakukan transformasi pembangunan IKM, UMKM dan pariwisata terintegrasi dengan sektor pertanian, perikanan dan tata kelola pemerintahan dalam rangka optimalisasi penerimaan daerah.

Wakil Bupati Konawe Kepulauan, Andi Muhammad Lutfi mengatakan, sesuai dengan rancangan RKPD tahun 2025 pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama dan diharapkan Pemdes dalam hal ini kepala desa bisa singkron bersama OPD lingkup Konawe Kepulauan sehingga apa yang menjadi kelu kesah desa bisa lebih mudah dilakukan.

"Maka dari itu kita berharap Musrenbang ini jangan hanya dijadikan rutinitas yang tidak membekas, tetapi menjadi awal tekad untuk membangun Konkep yang lebih baik ke depannya," ujar Wabup Andi Muhammad Lutfi, Senin (5/2/2024).

Baca Juga: Konawe Kepulauan Peroleh Bantuan Cadangan Pangan Beras 31,96 Ton

Pemerintah Konawe Kepulauan melihat permasalahan yang ada khususnya dalam bidang pembangunan, salah satunya jalan yang masih dalam tahap pengaspalan di beberapa titik dan beberapa sektor pembangunan lainnya yang belum optimal, bertekad akan menuntaskan permasalahan yang ada sesuai dengan pembahasan dalam kegiatan musrenbang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konawe Kepulauan, Safiuddin Alibas dalam sinkronisasi pelayanan kepada masyarakat yang tepat sasaran, Pemdes diharapkan mampu menerangkan permasalahan yang ada di desa sehingga dalam Musrenbang bisa kita tampung bersama dengan Kepala OPD yang akan ditindaklanjuti melalui pembahasan RKPD.

Baca Juga: Gedung Perpustakaan Rampung, Pemdes Sawa Indah Gelar Acara Syukuran

"Kekurangan fasilitas yang ada di desa menyebabkan pelayanan tidak optimal, sehingga melalui peran kepala desa, apa saja yang menjadi programnya bisa diusulkan sehingga Pemkab bisa memasukkan dalam pembahasan APBD, karena Pemkab juga perlu dasar untuk menjamin tersalurnya tepat sasaran," jelasnya.

Beberapa dinas yang ikut serta pada acara musrenbang siap memfasilitasi apa yang menjadi kekurangan desa, seperti halnya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) memberikan bantuan jaringan kepada beberapa desa, untuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan membuatkan bak sampah untuk masyarakat. (B-Adv)

Penulis: Lukman Nul Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga