3 Cara Jitu Mencegah Perilaku Konsumtif

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 21 Januari 2023
0 dilihat
3 Cara Jitu Mencegah Perilaku Konsumtif
Perilaku konsumtif merupakan perilaku atau gaya hidup individu yang senang membelanjakan uangnya tanpa pertimbangan yang matang. Foto: google.com

" Salah satu perilaku yang kurang baik dilakukan adalah perilaku konsumtif. Maka jangan sepelekan perilaku ini sebab memiliki pengaruh buruk bagi kehidupan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu perilaku yang kurang baik dilakukan adalah perilaku konsumtif. Maka jangan sepelekan perilaku ini sebab memiliki pengaruh buruk bagi kehidupan.

Pada umumnya, dikutip dari kemenkeu.go.id, perilaku konsumtif merupakan perilaku atau gaya hidup individu yang senang membelanjakan uangnya tanpa pertimbangan yang matang.

Sedangkan menurut Setiaji dalam Konsumerisme (1995) menyatakan bahwa perilaku konsumtif adalah perilaku berlebihan dan membabi buta dalam membeli suatu barang.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan di Rumah

Memang pada umumnya perilaku ini tidak berdampak bahaya bagi kehidupan secara umum, tapi jangan disepelkan sebab akan perilaku konsumtif memiliki pengaruh buruk.

Dampak buruk di antaranya adalah adanya kecemburuan sosial lantaran melihat gaya hidup dan barang yang dimiliki orang lain, sehingga menimbulkan keinginan untuk meniru dan membelinya.

Kemudian juga mengurangi kesempatan menabung, cenderung tidak mampu menyiapkan kebutuhan mendatang, dan asih banyak lagi dampak negatif dari perilaku konsumtif ini.

Olehnya itu penting untuk mengetahui cara mengatasi perilaku konsumtif yang dapat merugikan diri sendiri ini.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa cara untuk mencegah perilaku konsumtif:

1. Tentukan prioritas kebutuhan

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan hidup masing-masing. Tapi kebanyakan orang malah mendahulukan keinginan daripada kebutuhan. Kamu membeli barang-barang yang saat ini diinginkan tapi kebutuhan justru tidak terpenuhi.

Kebiasaan konsumtif sudah seharusnya dicegah. Kamu harus mulai menentukan prioritas kebutuhan. Jadi kebutuhan ke dalam tiga kategori. Yaitu kebutuhan penting dan mendesak, kebutuhan penting tapi tidak mendesak, dan kebutuhan yang tidak penting serta tidak. Dengan demikian kamu bisa mendahulukan mana yang benar-benar kebutuhan.

2. Berpikir ulang sebelum membeli barang

Godaan terbesar saat ini yakni sikap konsumtif. Melihat promo yang bertebaran rasanya gatal ingin membeli barang. Padahal benda yang kamu beli hanya berakhir sebagai pajangan. Sedangkan dalam membeli barang tersebut kamu harus mengorbankan kebutuhan.

Salah satu kiat mengubah kebiasaan konsumtif yakni berpikir ulang sebelum membeli barang. Pertimbangkan barang yang kamu beli apakah benar-benar bermanfaat atau tidak. Jangan sampai kamu menyesal setelah membeli barang dengan harga yang cukup mahal.

Baca Juga: Catat, Ini 4 Cara Mencegah Campak pada Anak

3. Buatlah anggaran pemasukan dan pengeluaran dengan jelas

Kondisi keuangan tiap bulan pasti ada pemasukan dan pengeluaran. Tapi yang paling sering kita justru melakukan pengeluaran secara besar-besaran tapi tidak diimbangi pemasukan. Contohnya menghabiskan uang hanya untuk berfoya-foya.

Kebiasaan konsumtif sebaiknya dicegah agar tidak merugikan diri sendiri. Buatlah anggaran pemasukan dan pengeluaran dengan jelas. Dengan demikian kamu bisa lebih cermat sebelum menghabiskan uang. Mengetahui anggaran keuangan secara jelas bikin kamu lebih berhati-hati.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Telisikers lakukan untuk mencegah dari perilaku konsumtif. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga