5 Tips Ampuh Agar Terhindar dari Mabuk Perjalanan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 12 Oktober 2022
0 dilihat
5 Tips Ampuh Agar Terhindar dari Mabuk Perjalanan
Mabuk perjalanan menjadi kondisi yang sering dialami seseorang, khususnya saat menempuh perjalanan yang cukup jauh baik darat maupun laut. Foto: Repro pixabay

" Mabuk perjalanan menjadi kondisi yang sering dialami seseorang saat menempuh perjalanan, terutama pada perjalanan darat dan laut "

KENDARI, TELISIK.ID - Mabuk perjalanan menjadi kondisi yang sering dialami seseorang saat menempuh perjalanan, terutama pada perjalanan darat dan laut.

Pada umumnya, dikutip pom.go.id, bagi sebagian orang, perjalanan menjadi kurang menyenangkan akibat mabuk perjalanan. Sehingga berbagai cara dilakukan untuk mencegah mabuk perjalanan ini.

Mabuk perjalanan merupakan gangguan yang disebabkan oleh intepretasi yang tidak akurat pada saat melihat suatu obyek dari dalam kendaraaan yang bergerak atau membaca di dalam kendaraan yang bergerak.

Kondisi ini jelas sangat mengganggu saat berada dalam perjalanan. Maka penting untuk mengetahui cara mengatasi mabuk perjalanan ini.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Menambah Berat Badan Anak, Patut Dicoba

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut tips yang dapat mencegah atau mengurangi keparahan akibat dari mabuk perjalanan:

1. Hindari makanan berat sebelum dan selama perjalanan jauh

kamu perlu memperhatikan konsumsi makanan dan minuman sebelum dan selama perjalanan jauh. Jika merasa lapar, kamu bisa makan dalam porsi kecil sebagai gantinya.

Hindari makanan berminyak, pedas, atau asam sebelum atau selama perjalanan, karena hal tersebut dapat memperburuk mabuk perjalanan kamu saat perjalanan jauh. 

Mengutip dari artikel dalam Journal of Nutrition College tahun 2020, makanan berminyak, pedas, atau asam dapat memperburuk refluks asam yang membuat kamu merasa cepat mual.

Selain itu, hindari banyak meminum air putih agar tidak merasa kembung, cukup usahakan agar kamu tidak dehidrasi.

2. Alihkan fokus pada hal lain

Kontrol pikiran memang memegang peranan penting terhadap tubuh. Apabila rasa mual akibat mabuk perjalanan tiba-tiba muncul tanpa sebab jelas, segera alihkan fokus kamu pada hal lain.

Mendengarkan musik bisa membantu kamu mengalihkan perhatian sehingga tidak mudah mabuk perjalanan, terlebih jika mendengarkan musik yang kamu sukai.

Selain itu, kamu juga bisa menenangkan rasa mual dengan makan sesuatu seperti cemilan atau menghisap permen. Selama perjalanan kamu dapat memakan cemilan untuk menghindari perut kosong yang cenderung akan membuat rasa mual muncul.

Mengutip dari artikel dalam jurnal Enfermería Clínica tahun 2020, permen jahe bisa menjadi terapi yang efektif untuk mengatasi rasa mual.

3. Pilih tempat duduk yang nyaman

Memilih tempat duduk yang tepat rupanya juga akan mempengaruhi kenyamanan saat melakukan perjalanan jauh. Jika bepergian dengan mobil atau bus, kamu bisa memilih kursi penumpang bagian depan untuk mencegah mabuk perjalanan.

Mengutip dari artikel dalam Jurnal MDPI tahun 2020, secara umum, semakin baik pkamungan penumpang ke depan jalanan, semakin rendah pula risiko mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan lebih mungkin terjadi ketika penumpang duduk di kursi belakang dibandingkan dengan duduk di kursi depan.

Saat naik kapal, sebaiknya kamu memilih tempat duduk tepat di tengah atau duduk di dek luar. Terkadang rasa mual terjadi karena kamu terlalu lama di dalam ruangan tertutup. Jika kamu menggunakan kereta, kursi yang ada tempati harus menghadap ke depan searah dengan perjalan kereta, dan cobalah duduk di dekat jendela agar pkamungan menjadi lebih luas ke jalanan yang dilalui kereta.

4. Menghirup udara luar

Pastikan bahwa kamu mendapatkan cukup udara saat bepergian. Tempat yang sempit dalam kendaraan dapat membuat kamu merasa pusing dan mual.

Oleh karena itu, saat dalam perjalanan, pastikan kamu memiliki udara segar. kamu dapat mendapatkan udara segar dengan membuka jendela. Jika jendela tidak dapat diakses, pastikan AC tetap menyala selama perjalanan.

Jika bepergian menggunakan mobil, pastikan kamu cukup istirahat. Hanya dengan berjalan-jalan dan menghirup udara segar di sekitaran rest area, mampu membantu kamu merasa lebih baik dan terhindar dari mabuk perjalanan.

Selain itu, kamu juga perlu menghindari pengharum ruangan dengan aroma jeruk yang cenderung menimbulkan pusing atau mabuk. Sebagai gantinya, kamu dapat memilih pengharum ruangan dengan aroma kopi.

Mengutip dari laman Ottencoffee, aroma kopi dipercaya mampu menenangkan pikiran dan menetralisir bau tak sedap. 

5. Minum obat sebelum bepergian

Tips terakhir agar saat bepergian jauh tidak merasakan mabuk adalah dengan minum obat. Jika semua cara sudah dilakukan, tetapi kamu masih merasakan mabuk perjalanan kamu bisa minum obat anti mabuk perjalanan.

Obat anti mabuk perjalanan umumnya akan membuat kamu merasakan ngantuk. Di sepanjang perjalanan kamu akan tertidur pulas sehingga tidak akan merasakan mabuk perjalanan.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengusir Semut di Rumah Tanpa Membunuh

Mengutip dari laman Centers for Disease Control and Prevention tahun 2022, obat mabuk perjalanan terkadang dapat membuat efek sebaliknya untuk beberapa anak, yang menyebabkan mereka menjadi sangat aktif selama di perjalanan.

Perlu kamu ingat, beberapa obat yang digunakan untuk mencegah atau mengobati mabuk perjalanan tidak direkomendasikan untuk anak-anak. Konsultasikan dahulu dengan ahli kesehatan tentang obat-obatan dan dosis obat yang benar untuk mabuk perjalanan untuk anak-anak.

Selain itu, mengkonsumsi obat anti mabuk perjalanan secara berlebihan juga sangat tidak dianjurkan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari mabuk selama perjalanan. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga