Cara Alami Redakan Sakit Perut

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 03 Juli 2023
0 dilihat
Cara Alami Redakan Sakit Perut
Terdapat beberapa cara alami meredakan sakit perut seperti meminum cuka sari apel, jahe dan sebagainya. Foto: Theasianparent.com

" Sakit perut biasanya disebabkan oleh beberapa hal, salah satu di antaranya adalah alergi makanan. Gejala gatal-gatal dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh "

KENDARI, TELISIK.ID - Sakit perut biasanya disebabkan oleh beberapa hal, salah satu di antaranya adalah alergi makanan. Gejala gatal-gatal dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh.

Kita perlu mengetahui perbedaan antara alergi makanan dan intoleransi makanan untuk penanganan yang tepat. Sebagian besar orang dewasa tahu bagaimana rasanya mengalami reaksi yang kuat terhadap makanan.

Respons intoleransi makanan melibatkan sistem pencernaan. Hal ini terjadi ketika tubuh tidak dapat memecah makanan yang menyinggung. Di sisi lain, alergi makanan disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang bereaksi terhadap makanan tertentu.

Anda bisa meredakan sakit perut dengan cara alami seperti dilansir dari Kompas.com dan hellosehat.com:

Baca Juga: Jeda Waktu Perempuan Bisa Hamil Setelah Berhubungan Seks

Letakkan heating pad atau botol air panas di atas perut untuk membantu mengurangi rasa sakit. Bahkan berendam di bak mandi air hangat pun dapat membantu. Sebab, panasnya akan membantu melonggarkan dan mengendurkan otot-otot.

Hasilnya, ini akan meredakan rasa tidak nyaman. Pastikan juga untuk melindungi kulit dari luka bakar dengan meletakkan handuk pada kulit terlebih dahulu.

2. Minum cuka sari apel

Cuka sari apel telah terbukti memiliki kualitas antibiotik. Selain itu, cuka sari apel juga dapat menenangkan perut dan membantu pencernaan. Baunya mungkin akan menyengat ketika kita membuka tutup botolnya, tetapi cobalah untuk tidak menghiraukannya.

Kita dapat meminum satu atau dua sendok makan cuka sari apel langsung dari botolnya. Atau kita bisa juga mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air panas. Tambahkan satu sendok teh madu untuk membuat minuman lebih menarik.

3. Minum air jahe

Manfaat jahe untuk pencernaan memang tak ada duanya. Herbal ini ampuh mengatasi sakit perut yang disertai mual dan/atau muntah. Bahkan, studi menunjukkan konsumsi jahe terbukti mengurangi mual yang parah akibat kehamilan dan kemoterapi.

Baca Juga: Ini Minuman dan Makanan yang Perlu Kamu Hindari Saat Flu

Para ahli belum sepenuhnya memahami mekanismenya, tapi mereka menduga bahwa jahe berinteraksi dengan sistem saraf yang mengirimkan sinyal menuju perut. Jahe juga mempercepat pengosongan lambung sehingga rasa mual berangsur hilang.

4. Makan buah pepaya

Satu lagi buah yang terkenal dengan manfaatnya untuk mengatasi sakit perut yakni pepaya. Makanan kaya serat ini dapat meredakan sakit perut akibat gejala gangguan pencernaan umum, perut kembung, sembelit, hingga tukak lambung. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga