3 Fakta Menarik El Savador Saat Jadi Tuan Rumah Miss Universe 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 16 Januari 2023
0 dilihat
3 Fakta Menarik El Savador Saat Jadi Tuan Rumah Miss Universe 2023
El Salvador adalah negara terpadat di Amerika Latin yang bukan sebuah pulau. Populasi El Salvador pada tahun 2022 adalah 6.330.947 , dengan rata-rata 300,89 orang per kilometer persegi. Foto: Elsavadorinfo.net

" Miss Universe 2023 akan kembali diselenggarakan di Amerika. Kali ini, El Salvador akan menjamu puluhan ratu kecantikan dari berbagai negara "

EL SAVADOR, TELISIK.ID - Miss Universe 2023 akan kembali diselenggarakan di Amerika. Kali ini, El Salvador akan menjamu puluhan ratu kecantikan dari berbagai negara.

Mengutip Cnnindonesia.com, perhelatan Miss Universe mengumumkan bahwa perhelatan yang ke-72 akan diselenggarakan di El Salvador, Amerika Tengah.

Presiden El Salvador Nayib Bukele dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram Miss Universe menyebut El Salvador sedang berbenah. Dia pun berharap semakin banyak orang melihat perubahan-perubahan positif negara ini.

Baca Juga: Kota Ini Terancam Hilang Ditelan Bumi

Beberapa fakta menarik mengenai El Savador yang menjadi keunikan di wilayah ini, seperti dilansir dari Viva.co.id, antara lain:

1. Tanah gunung berapi

Fakta negara El Salvador yang pertama adalah dikenal sebagai Tanah Gunung Berapi karena memiliki lebih dari 100 gunung berapi. Sekitar dua puluh gunung berapi berpotensi aktif. Berdiri di 2.381 meter di atas permukaan laut, Santa Ana adalah gunung berapi tertinggi di El Salvador. Penduduk setempat menyebutnya Volcan Santa Ana Ilamatepec atau Mother Mountain.

2. Ibukota tertua di Amerika Tengah

Ibu kota El Salvador adalah San Salvador. Ini adalah ibu kota tertua dan paling lama berdiri di Amerika Tengah. Pada tahun 1524, Pedro de Alvarado menginvasi El Salvador dan mendirikan San Salvador. Alvarado adalah seorang conquistador Spanyol yang dikirim oleh Hernán Cortés dari Meksiko. El Salvador tetap menjadi koloni Spanyol selama sekitar 300 tahun.

3. Lambang bendera menggambarkan gunung berapo

Dengan begitu banyak gunung berapi di negara ini, tidak heran gunung berapi diwakili di bendera El Salvador. Dua garis biru bendera mewakili lautan Atlantik dan Pasifik yang berbatasan dengan Amerika Tengah. Garis putih melambangkan perdamaian.

Baca Juga: Negara Ini Kasi Uang Warganya Asal Rela Tinggalkan Ibu Kota

Lambang yang berada di tengah bendera menggambarkan lima gunung berapi yang mewakili lima negara bagian dari Provinsi Serikat Amerika Tengah. Moto El Salvador duduk di bawah segitiga. Bunyinya Dios, Union, Libertad ("Tuhan, persatuan, kebebasan").

Sebelumnya, gelaran Miss Universe 2022 diselenggarakan pada Januari 2023 di AS. Jadwal terpaksa mundur agar gelaran tidak bertabrakan dengan jadwal Piala Dunia Qatar.

Dalam kontes kemarin, Miss USA R'Bonney Gabriel meraih mahkota Miss Universe 2022. Sebelumnya, mahkota ratu sejagat ini diraih oleh Harnaaz Sandhu dari India. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga