3 Tips Hilangkan Bau Asap pada Pakaian

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 14 Januari 2023
0 dilihat
3 Tips Hilangkan Bau Asap pada Pakaian
Bau asap dari kegiatan bakar-bakar, rokok, knalpot, atau bau asap bisa menempel dan mengganggu kenyamanan. Foto: Repro google.com

" Salah satu cara yang mudah adalah mengangin-anginkannya. Namun, selain itu ada pula cara lain jika bau asap masih menempel "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah yang seringkali dialami pada pakaian adalah bau asap. Memang tidak berbahaya, tapi mengganggu penampilan, sehingga perlu tahu cara menghilangkan bau asap ini.

Dikutip dari liputan6.com, bau dari asap yang menempel pada pakaian dan barang berbahan kain di rumah tentu tak menyenangkan.

Bau asap dari kegiatan bakar-bakar, rokok, knalpot, atau bau asap lainnya, bisa menempel dan mengganggu kenyamanan. Tak jarang, bau itu sulit dihilangkan bahkan setelah dicuci.

Salah satu cara yang mudah adalah mengangin-anginkannya. Namun, selain itu ada pula cara lain jika bau asap masih menempel.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips menghilangkan bau asap pada pakaian:

1. Tambahkan Buah Lemon ke Air Cucian

Buah yang satu ini memang terkenal sangat mujarab untuk masalah bersih-bersih. Kamu juga bisa menggunakan buah lemon untuk menghilangkan bau asap di pakaian.

Baca Juga: 10 Pilihan Obat Sakit Gigi Herbal

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menambahkan setengah gelas air perasan lemon ke dalam cucian, kemudian lanjutkan mencuci pakaian kamu seperti biasa.

2. Merendam Baju dengan Larutan Cuka atau Menggunakan Pasta Baking Soda

Tidak banyak orang yang mengetahui jika larutan baking soda atau cuka ternyata sangat ampuh untuk menghilangkan bau rokok yang menempel pada baju.

Bau rokok yang membandel setelah baju dicuci dapat kamu atasi dengan cara ini. Yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan larutan cuka di dalam satu ember air hangat.

Kemudian, rendamlah baju yang terdapat bau asap pada larutan cuka tersebut. Jangan lupa bilas baju tersebut untuk menghilangkan bau cuka. Cara ini bisa membantu untuk menghilangkan bau asap yang membandel secara efektif.

Cara lainnya yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi bau asap pada baju ialah dengan menggunakan pasta baking soda.

Campurkanlah baking soda dengan sedikit air kemudian aduk sebentar hingga teksturnya menyerupai pasta. Kemudian, oleskan pasta baking soda pada bagian baju yang berbau asap.

Terakhir, bilas baju menggunakan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa baking soda.

3. Gunakan Semprotan Penghilang Bau Asap

Cara selanjutnya untuk menghilangkan bau asap yang menempel pada baju ialah dengan menggunakan semprotan penghilang bau asap.

Baca Juga: 7 Bahan Alami Ini Bisa Bersihkan Karang Gigi

Cara membuat cairannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu campurkan cuka, air, serta essential oil atau pewangi pakaian.

Setelah semuanya tercampur rata, kamu dapat memasukkannya ke dalam sebuah botol spray lalu semprotkan secara merata pada bagian yang berbau asap.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk menghilangkan bau asap pada pakaian. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga