3.000 Unit Lampu Jalan Tenaga Surya Siap Terangi Konsel

Ashar Hamka, telisik indonesia
Senin, 24 Januari 2022
0 dilihat
3.000 Unit Lampu Jalan Tenaga Surya Siap Terangi Konsel
Nampak salah satu ruas jalan protokol di Konsel telah memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energinya. Foto: Ashar Hamka/Telisik

" Direncanakan, ribuan unit lampu jalan tersebut bakal dipasang di ruas jalan-jalan di enam kecamatan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Jika tak ada aral, awal triwulan tahun ini, enam kecamatan di Kabupaten Konawe Selatan, diproyeksikan bakal mendapat bantuan program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS).

Program dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai energinya ini diinisiasi oleh Lembaga Pengelola Proyek  Forum Budaya Dunia Heritages (LPP-FBDH).

Sekretaris LPP FBDH  Dr. H. Saiful Anwar, M,Si mengatakan, program PJUTS ini akan berjumlah sebanyak 3.000 unit,  rencana besar itu nantinya akan menjadi salah satu instrumen untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat mendapatkan akses energi kelistrikan terbarukan secara modern.

"Semua Fasilitas dan biaya sepenuhnya tanggung jawab kami selaku pengelola. Dan pelaksana yang kami tunjuk,“ ujarnya.

Ia menyebutkan, direncanakan ribuan unit lampu jalan tersebut bakal dipasang di ruas jalan-jalan di enam kecamatan yaitu Kecamatan Lalembuu, Kecamatan Moramo, Kecamatan Landono, Kecamatan Mowila, Kecamatan Konda dan Kecamatan Kolono. Di mana tiap kecamatan terpasang sebanyak 500 unit lampu jalan tenaga surya.

Saiful Anwar menggaransi tidak akan ada permintaan apapun dari pihaknya kepada Pemerintah Kabupaten atau bahkan di desa nantinya.

“Insya Allah dilaksanakan mulai awal tahun ini dan semua pekerjaan akan dilaksanakan oleh pelaksana kegiatan yang ditunjuk oleh Lembaga Pengelola Proyek  Forum Budaya Dunia Heritages (LPP-FBDH)," tambahnya.

Dia berharap pembangunan PJUTS dapat meningkatkan keamanan, keselamatan dan kemudahan bagi masyarakat dalam berakitivitas. Terutama di malam hari serta dapat meningkatkan taraf hidup baik secara sosial maupun ekonomi.

Baca Juga: Tahun 2022, IPM Jadi Prioritas Pembangunan Bombana

Atas rencana bantuan PJUTS tersebut, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga, ST. MM, tentu saja menyambut baik. Mengingat cakupan luasan wilayah Kabupaten Konsel yang begitu luas, hingga membutuhkan banyak peran dari semua pihak.

"Terima kasih kepada pihak pengelola (LPP-FBDH) yang sudah memfasilitasi. Ini tentu amat bermanfaat bagi masyarakat. Kami harapkan segera bisa dilaksanakan dan tentunya kami juga berharap jika memungkinkan bisa ada tambahan unit lagi mengingat wilayah Konsel yang tersebar," harap bupati sesaat setelah penandatangan Naskah Perjanjian Hibah (NPH) PJUTS bersama pihak LPP-FBDH di kawasan perkantoran Menteng Park Jakarta, Jumat (21/1/2022) pekan lalu.

Baca Juga: Belum Sehari Segel Sekolah Dibuka, Kembali Didatangi Orang Mengaku Pemilik Tanah

Saat kegiatan tersebut, Bupati Konsel turut didampingi Kadis Perhubungan Budi Yuliarto Silondae, Kabag Hukum Pujiono, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Erna Yustiana dan sejumlah pejabat di lingkup Dinas Perhubungan Konsel. (B)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga