Ikut Tanam Mangrove di Bulan Pengurangan Risiko Bencana, Ini Pesan Sekda Kolaka Timur

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 12 Oktober 2023
0 dilihat
Ikut Tanam Mangrove di Bulan Pengurangan Risiko Bencana, Ini Pesan Sekda Kolaka Timur
Sekda Kolaka Timur (kiri) bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Timur (Kanan) turut menghadiri kegiatan penanaman mangrove. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Penanaman mangrove dalam memperingati bulan pengurangan risiko bencana turut dihadiri Sekertaris Daerah Kolaka Timur, Andi Muh Iqbal Tongasa "

KONAWE, TELISIK.ID - Penanaman mangrove dalam memperingati bulan pengurangan risiko bencana turut dihadiri Sekertaris Daerah Kolaka Timur, Andi Muh Iqbal Tongasa.

Ia berharap, mangrove yang ada di Sulawesi Tenggara untuk terus dipelihara sebagai penyangga ekosistem laut.

"Keberadaan tanaman mangrove ini, sangatlah penting. Meski kita tak punya laut di Kolaka Timur, tapi kita berkewajiban untuk membantu mengembangkan dan menjaga mangrove tersebut," ucap sekda.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Salurkan Bantuan CPP Tahap II di Sejumlah Desa

Ia mengucapkan dalam memperingati semua pihak berkewajiban untuk menjaga lingkungan agar alam selalu menyertai apa yang dilakukan.

Seperti diketahui, lanjut Sekda pohon mangrove memiliki kekuatan untuk melindungi pesisir dari bencana seperti tsunami.

"Dan itu sudah diteliti kekuatan mangrove tersebut," jelasnya.

Tempat sama, Deputi Bidang Pencegahan BNPB Pusat, Prasinta Dewi mengatakan, penanaman mangrove ini untuk mitigasi bencana, sehingga perlu dipelihara dan di pantau setelah penanaman ini.

"Takutnya nanti malah tidak terpelihara dengan baik," ungkapnya.

Baca Juga: Deretan Resep Asinan Buah Segar, Camilan Sehat di Akhir Bulan

Ia mengungkap jumlah pohon mangrove yang akan ditanam sebanyak 7000 pohon dengan 2000 pohon ditanam di Kecamatan Soropia.

Ia menjelaskan, penanaman pohon mangrove ini harus segera dilaksanakan mengingat saat ini seluruh wilayah sedang menghadapi Elnino.

"Jadi kita harus lebih banyak menanam karena dengan penanaman ini dapat mengurangi resiko bencana yang ada," pungkasnya. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga