35 Persen Pemilih di Desa Lapodidi Lansia dan Tak Bisa Baca Tulis

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 14 Februari 2024
0 dilihat
35 Persen Pemilih di Desa Lapodidi Lansia dan Tak Bisa Baca Tulis
Pemilih TPS 01 Desa Lapodidi, Kecamatan Kontunaga, Kabupaten Muna, didominasi lansia dan tak pintar baca tulis hingga harus dituntun sampai ke bilik suara. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Banyak pemilih lansia dan tak bisa baca tulis di Desa Lapodidi ikut berpartisipasi menyalurkan hak suaranya "

MUNA, TELISIK.ID - Sejumlah pemilih di Desa Lapodidi Kecamatan Kontunaga, Kabupaten Muna, masuk dua orang dalam bilik suara. Ternyata pemilih lansia dan pemilih yang tak pintar baca tulis, didampingi oleh anggota keluarganya.

Pemilih TPS 1 Desa Lapodidi Kecamatan Kontunaga, Kabupaten Muna, didominasi oleh lansia dan tak pintar baca tulis, hingga harus dituntun saat menyalurkan hak pilihnya di bilik suara.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, terlihat pemilih lansia dituntun dari rumahnya hingga masuk ke TPS. Para pemilih lansia didampingi oleh orang yang ditunjuk dengan menyetorkan KTP.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Teisik.id, jumlah pemilih lansia dan tak pintar baca tulis di Desa Lapodidi, Kecamatan Kontunaga, diperkirakan sekitar 35 persen namun tetap berpartisipasi dalam Pemilu 2024.

Baca Juga: TPS 3 Lawela Selatan Minus Surat C2 dan C3

Salah seorang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), Wa Murni mengatakan, banyak pemilih lansia dan tak bisa baca tulis di Desa Lapodidi ikut berpartisipasi menyalurkan hak suaranya.

"Iya, ada lumayan banyak lansia dan yang tidak bisa baca tulis, jadi mereka ini pada saat memilih ditanya dulu mereka bisa mencoblos tidak. Kalau tidak, mereka tunjuk siapa yang akan menuntunnya sampai di bilik suara," kata Wa Murni, Rabu (14/2/2023).

Selain itu, orang yang menuntun para lansia dan tak bisa baca tulis, diberikan persyaratan berupa KTP dan dicatat sebagai pendamping.

Baca Juga: Usai Mencoblos, Pj Bupati Muna Barat Ingatkan Euforia Timses Tak Berlebihan

Seorang lansia, La Hami mengatakan, pada saat masuk di bilik suara, ia ditemani dan dituntun karena penglihatannya sudah kabur.

"Iya tadi saya masuk memilih ditemani karena sudah buram penglihatanku lihat surat suara. Tapi Alhamdulilah saya sudah memilih juga," ucap La Hami.

Hingga saat ini proses pemungutan suara sedang berlangsung di dua TPS Desa Lapodidi, Kecamatan Kontunaga, Kabupaten Muna, di Balai Desa Lapodidi. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga