4 Bagian Tubuh Ini Baik Dikompres saat Anak Demam

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 21 Oktober 2022
0 dilihat
4 Bagian Tubuh Ini Baik Dikompres saat Anak Demam
Saat anak demam, orang tua dapat melakukan kompres di bagian tertentu agar demam cepat teratasi. Foto: Repro unair.ac.id

" Guna meredakan demam anak tidak selalu harus dengan obat kimia, tapi juga bisa dengan cara alami. Salah satunya adalah dengan kompres "

KENDARI, TELISIK.ID - Guna meredakan demam anak tidak selalu harus dengan obat kimia, tapi juga bisa dengan cara alami. Salah satunya adalah dengan kompres.

Dikutip dari alodokter.com, kompres terdiri dari dua jenis, yaitu kompres dingin dan hangat. Masing-masing jenis kompres memiliki manfaat dan cara penggunaan yang berbeda.

Oleh karena itu, kompres harus digunakan dengan tepat agar bisa bekerja dengan efektif.

Penggunaan kompres di bagian tubuh tertentu diketahui dapat meredakan berbagai keluhan, seperti nyeri otot, kejang, sakit punggung, sendi kaku atau bengkak, leher kaku, nyeri pada pergelangan tangan, sakit pada lutut, serta demam.

Baca Juga: Awas, 9 Kebiasaan Ini Ternyata Merusak Ginjal

Hanya saja salah satu kesalahan mengompres yang bisa terjadi adalah salah meletakkan kain kompres. 

Secara umum, dikutip dari halodoc.com, setidaknya ada tempat di tubuh yang sering dikompres saat Si Kecil demam, yaitu di dahi, leher, ketiak, serta area selangkangan. 

Saat kompres diletakkan di area-area tersebut, tubuh akan menerima sinyal yang diterjemahkan pusat tubuh dan membuat tubuh mengenali suhu di sekitar tubuh sedang hangat. Nah, hal itu kemudian akan mendorong penurunan suhu tubuh.

Selain itu, ada kesalahan dalam mengompres yang juga sering terjadi, yaitu menggunakan air dingin atau es.

Baca Juga: Ternyata Pakai Earphone Bisa Tingkatkan Pertumbuhan Bakteri di Telinga

Banyak yang menganggap bahwa suhu dingin dari es yang ditempelkan pada dahi akan membantu melawan panas dari dalam tubuh. Padahal, tidak demikian. Kain yang digunakan untuk kompres sebaiknya dibasahi atau direndam di air dengan suhu normal saja, tidak terlalu dingin atau panas.

Ada cara yang harus diperhatikan sebelum memberi kompres pada Si Kecil yang mengalami demam. Pertama, sediakan wadah berisi air hangat dengan suhu kurang lebih 38 derajat Celsius, kemudian rendam sebentar handuk atau kain pada wadah tersebut. Pastikan untuk membuka baju anak saat akan mengompres. 

Hal ini penting dilakukan untuk menghindar baju menjadi basah. Letakkan kompres pada dahi, leher atau ketiak sekitar 10 menit. Bila handuk sudah tidak lagi hangat, rendam kembali dalam wadah dan ulangi mengompres anak sampai suhu tubuhnya menurun. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga