4 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Kulit Kering

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 22 Mei 2023
0 dilihat
4 Bahan Alami Ini Bisa Atasi Kulit Kering
Kulit kering sering jadi masalah karena membuat kulit bersisik dan mengganggu penampilan. Foto: Popmama.com

" Meski berada di iklim tropis yang ideal membuat kulit lembab, namun tak sedikit orang Indonesia yang punya kulit kering dan bersisik. Kulit yang kering dapat diatasi dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski berada di iklim tropis yang ideal membuat kulit lembab, namun tak sedikit orang Indonesia yang punya kulit kering dan bersisik. Kulit yang kering dapat diatasi dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat.

Dilansir dari Suara.com-jaringan Telisik.id dan Liputan6.com, beberapa bahan alami bisa jadi solusi untuk kondisi kulit kering:

1. Mentimun

Terdapat kandungan 95 persen air di dalam mentimun sehingga dapat dimanfaatkan untuk melembabkan kulit. Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda bisa menjadikannya masker wajah dan diaplikasikan langsung, atau menjadikannya body scrub alami.

Baca Juga: 7 Kesalahan Saat Foreplay, Bisa Bikin Fobia Seks

Haluskan mentimun hingga berbentuk seperti pasta, lalu balurkan ke seluruh permukaan kulit yang mengalami kondisi kering ini. Dalam waktu singkat, kulit akan kembali lembab dan terasa kenyal.

2. Yogurt dan Telur

Terdengar aneh memang, namun  sejatinya campuran protein dan lemak ini dapat mengatasi kulit kering secara alami. Di samping itu, penggunaan yang tepat juga dapat membantu menyehatkan kulit dan mencegah kerusakan sel kulit.

Gunakan yogurt murni tanpa tambahan gula dan perasa, kemudian campurkan dengan telur di dalamnya. Oleskan campuran ini langsung ke kulit, dan pijat perlahan sampai meresap sempurna. Setelah 10 menit, bilas dengan air hangat hingga bersih.

3. Minyak Kelapa

Salah satu bahan alami yang dikenal dapat membantu menghilangkan kondisi kulit kering adalah minyak kelapa. Bahan ini dapat membantu hidrasi kulit dan bertindak sebagai emolien alami sehingga dapat mencegah kulit mengelupas lebih jauh.

Hangatkan satu sendok makan minyak kelapa, kemudian gosokkan di antara telapak tangan dan oleskan ke seluruh wajah atau bagian yang mengalami kulit kering.

Baca Juga: 3 Olahraga Ini Bisa Kencangkan Miss V

4. Madu

Selanjutnya adalah madu. Dianggap sebagai pelembab alami, terdapat kandungan antioksidan, antimikroba, serta membantu Anda mengunci kelembaban kulit. Kulit dapat terlihat lebih halus dan lembut.

Sebelum mandi, Anda bisa oleskan madu ke seluruh tubuh dan biarkan selama 10 menit. Setelah selesai, Anda bisa mandi dan membilasnya hingga bersih. Lakukan setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Selain menggunakan beberapa bahan alami di atas, Anda juga dapat memastikan tubuh cukup mengkonsumsi air mineral setiap hari. Jika diperlukan, Anda juga dapat menggunakan berbagai produk pelembab yang ada di pasaran, atau produk yang direkomendasikan oleh dokter Anda. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga