4 Cara Atasi Rasa Dendam pada Orang Lain

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 18 April 2024
0 dilihat
4 Cara Atasi Rasa Dendam pada Orang Lain
Rasa dendam yang dirasakan ternyata dapat diatasi dengan melakukan upaya tertentu. Foto: Repro google.com

" Sifat dendam akan membuahkan sikap buruk bagi pelakunya seperti hasad, merasa senang jika orang lain susah dan memutuskan tali persaudaraan "

KENDARI, TELISIK.ID - Merasa dendam terhadap orang lain seringkali dialami seseorang. Namun untuk mengatasinya, kita bisa melakukan berbagai upaya tertentu.

Pada umumnya, dikutip dari an-nur.ac.id, dendam merupakan kemauan yang keras dari seseorang atau kelompok untuk membalas kejahatan dari seseorang atau kelompok lain.

Allah SWT sangat membenci orang yang pendendam, karena sifat pendendam sangat membahayakan dan merugikan orang lain.

Sifat dendam akan membuahkan sikap buruk bagi pelakunya seperti hasad, merasa senang jika orang lain susah dan memutuskan tali persaudaraan. 

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi rasa dendam terhadap orang lain? Melansir yoursay.id, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa dendam terhadap orang lain:

1. Mengingat Kebaikan Orang Tersebut

Marah dan benci akan muncul beriringan begitu kita merasa dendam terhadap seseorang.

Baca Juga: 8 Tips Panjang Umur hingga 100 Tahun Menurut Ahli

Selain itu, pandangan kita mengenai orang tersebut juga akan dipenuhi dengan keburukan. Kita selalu berprasangka tidak baik pada setiap tindakan yang dilakukan.

Kondisi demikian tentu tidak baik untuk kita dan orang tersebut karena kita bisa menjadi tidak adil dan objektif dalam menilai seseorang. Untuk mengatasinya, kita bisa mengingat-ingat kebaikan yang pernah orang tersebut lakukan.

Dengan mengingat kebaikan orang tersebut maka prasangka buruk dalam pikiran kita bisa dihilangkan sehingga rasa dendam akan turut menghilang.

2. Berusaha Mengikhlaskan

Cara selanjutnya untuk meredakan rasa dendam terhadap orang lain adalah berusaha mengikhlaskan.

Rasa dendam dapat muncul akibat kesalahan yang dilakukan oleh orang lain dan kesalahan tersebut memberi dampak kurang baik pada diri kita. Namun, apabila kita mau mengikhlaskan hal tersebut, maka kemungkinan besar kita akan mau memaafkan dan tidak muncul rasa dendam dalam diri kita.

Apabila masih ada rasa dendam kepada orang yang pernah berbuat salah kepada kita, mungkin kita belum sepenuhnya mengikhlaskan apa yang sudah terjadi.

Kita harus menyadari bahwa yang sudah berlalu tidak bisa kita ubah sehingga kita harus mampu mengikhlaskannya.

3. Saling Memaafkan

Rasa dendam muncul dalam hati kita karena kita tidak mau memaafkan orang yang berbuat salah kepada kita. Sebaliknya, apabila kita sudah saling memaafkan dengan tulus, maka kita tidak akan merasa dendam.

Mamang memberi maaf terkadang tidak semudah yang kita pikirkan. Secara lisan mungkin kita mudah melakukannya, namun terkadang masih ada rasa kesal atau marah yang mengganjal dalam hati. Rasa kesal atau mengganjal itulah yang kemudian bisa menimbulkan rasa dendam.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Olahraga Peninggi Badan

Oleh karena itu, kita harus selalu berusaha untuk memaafkan kesalahan orang lain baik itu disengaja maupun tidak.

4. Mengingat Bahaya Dendam

Terakhir, adalah ingat bahwa ada bahaya di balik rasa dendam. Menyimpan rasa dendam tidak akan memberi manfaat apapun pada kita. Justru, hal ini akan memberi dampak buruk yang berbahaya bagi diri kita. Misalnya hidup kita tidak akan tenang.

Ketika menyadari dampak buruk dan bahaya dendam, maka besar kemungkinan kita akan memaafkan orang lain dan tidak lagi menyimpan rasa dendam.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa dendam. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga