4 Cara Tingkatkan Jumlah dan Kualitas Sperma

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 05 Januari 2023
0 dilihat
4 Cara Tingkatkan Jumlah dan Kualitas Sperma
Bukan hanya kesuburan pada organ reproduksi wanita, jumlah dan kualitas sperma ternyata juga menentukan efektifitas pembuahan. Foto: Repro Alodokter.com

" Dalam sebuah program kehamilan, tingkat kesuburan tidak hanya diperhatikan dari pihak wanita. Namun pria dengan jumlah dan kualitas sperma yang baik juga menjadi salah satu faktor penentu terjadinya pembuahan "

KENDARI, TELISIK.ID - Dalam sebuah program kehamilan, tingkat kesuburan tidak hanya diperhatikan dari pihak wanita. Namun pria dengan jumlah dan kualitas sperma yang baik juga menjadi salah satu faktor penentu terjadinya pembuahan.

Dikutip dari Health.kompas.com, ada banyak cara yang bisa dilakukan pria untuk meningkatkan jumlah dan kualitas spermanya, antara lain sebagai berikut:

1. Ruting Berolahaga

Beberapa penelitian menunjukkan penurunan berat badan dengan berolahraga dapat meningkatkan jumlah sperma. Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah dengan latihan aerobik selama tiga sesi perminggu yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: 7 Cara Alami Hilangkan Bekas Luka di Kaki

Jantung sehat yang berdetak dengan baik, dapat menunjang kuantitas dan motilitas (kemampuan gerak secara independen) sperma pada 45 pria dengan obesitas dan jarang berolahraga. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hubungan antara indeks massa tubuh (BMI) dengan jumlah sperma yang sehat.

2. Berhenti Merokok, Alkohol dan Narkoba

Kebiasaan merokok ternyata membuat jumlah sperma berkurang, para peneliti menemukan bahwa orang yang merokok tembakau dalam jumlah sedang atau berat memiliki kualitas sperma yang lebih rendah ketimbang orang yang jarang atau sama sekali tidak melakukan kebiasaan tersebut. penggunaan alkohol, ganja, dan kokain dapat mengakibatkan penurunan produksi sperma.

Baca Juga: 3 Tips Jitu agar Pekerjaan Selesai Tepat Waktu

3. Hindari Obat Tertentu

Beberapa obat resep berpotensi menurunkan produksi sperma yang sehat. Namun, begitu pria berhenti minum obat, jumlah sperma mereka akan kembali normal atau meningkat. Beberapa obat tersebut adalah obat antibiotik, anti-androgen, anti-radang, obat antidepresan, steroid anabolik, testosteron eksogen, dan metadon.

4. Konsumsi Makanan Penyubur

Dikutip dari Cnnindonesia.com, beberapa makanan yang dapat meningkatkan kualitas sperma antara lain adalah daging sapi, ikan, tiram, telur, bayam, jeruk, akar maca, kacang kenari, biji lebu, asparagus, dan lain-lain. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga