Lakukan Hal Ini untuk Antisipasi Pemadaman Bergilir

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 09 November 2023
0 dilihat
Lakukan Hal Ini untuk Antisipasi Pemadaman Bergilir
Pemadaman bergilir memang meresahkan, karena tak sedikit peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik. Foto: Repro Detik.com

" Karena kehidupan manusia yang makin tergantung dengan listrik, banyak hal yang terkendala ketika terjadi pemadaman listrik bergilir. Karena itu, penting untuk melakukan antisipasi sebelum listrik padam "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemadaman bergilir memang meresahkan, karena tak sedikit peralatan rumah tangga yang banyak menggunakan listrik. Selain itu, akibat listrik padam, sejumlah fasilitas terkait layanan listrik seperti telekomunikasi, transportasi, dan penerangan, juga ikut terganggu.

Untuk mengantisipasi hak tersebut, ini tips yang perlu Anda lakukan seperti dilansir dari Kompas.com dan fimela.com:

1. Cari tau jadwal pemadaman

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jadwal pemadaman bergilir, jika jadwal Anda jatuh pada siang atau malam hari, sebisa mungkin menggunakan peralatan listrik seperti masak di kompor listrik, nyalakan mesin air sedini mungkin, sebelum listrik padam.

Baca Juga: Jadwal Pemadaman Bergilir Hari Ini Dimulai Pukul 07.00-19.30 Wita se-Sulawesi Tenggara

2. Isi daya generator

Generator akan jadi penyelamat jika terjadi mati listrik. Alat ini berfungsi menghasilkan listrik sehingga kamu tetap bisa menghidupkan lampu maupun alat elektronik lainnya. Sayangnya, generator adalah salah satu perangkat yang relatif mahal sehingga tidak setiap rumah tangga memilikinya.

Selain generator, power bank juga bisa menyelamatkan kamu saat mati listrik. Alat ini dapat menampung listrik dengan kapasitas tertentu yang dapat dimanfaatkan saat listrik padam. Jadi bagi kamu yang memiliki power bank, jangan malas untuk mengisi daya.

3. Sedia sumber penerangan alternatif

Untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik dalam waktu lama, sebaiknya persiapkan sumber penerangan alternatif selain lampu listrik.

Penerangan alternatif itu di antaranya adalah lampu senter, lampu teplok, maupun lilin. Selain itu, persiapkan pula cadangan batu baterai untuk menghidupi sumber-sumber penerangan tersebut. Namun, jika menggunakan lampu teplok atau lilin ketika mati lampu, jangan sampai lengah.

Baca Juga: Pemadaman Listrik di Kota Kendari hingga 4 Jam, Jika Lewat Warga Diimbau Hubungi Kontak Ini

4. Siapkan dana darurat

Saat listrik padam, hambatan yang terjadi salah satunya kesulitan mencari mesin ATM. Anda sebaiknya selalu menyiapkan uang tunai agar tidak kebingungan jika mesin ATM bermasalah saat listrik padam.

5. Keluar kota

Hal terakhir yang bisa kamu coba untuk menghadapi kehampaan saat mati listrik yaitu dengan pindah sementara ke kota lain. Alasannya, kota-kota besar bergantung pada listrik dan teknologi untuk hampir semua hal.

Bayangkan ketika mati listrik, lift gedung kamu tidak berfungsi, dan kunci pintu tidak terbuka karena itu digital. Selain itu, kamu tidak dapat menggunakan internet atau telepon untuk keluar dari rumah. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga