4 Masker Bahan Alami Atasi Kulit Wajah yang Kering

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 16 Desember 2022
0 dilihat
4 Masker Bahan Alami Atasi Kulit Wajah yang Kering
Kulit yang kering akan tampak kusam, bertekstur kasar, bersisik, dan juga kurang lembab dan berminyak. Foto: Repro ultimaii.com

" Kulit kering di wajah menjadi salah satu masalah kulit yang kerap dialami seseorang. Memang hal wajar terjadi, tapi cukup mengganggu penampilan "

KENDARI, TELISIK.ID - Kulit kering di wajah menjadi salah satu masalah kulit yang kerap dialami seseorang. Memang hal wajar terjadi, tapi cukup mengganggu penampilan.

Dikutip dari bioderma.co.id, kulit kering atau sangat kering merupakan sebuah jenis kulit, jadi ini kondisi permanen yang ditandai oleh sensasi tertarik di seluruh wajah dan tubuh akibat kurang terbentuknya pelindung alami kulit.

Jika diperhatikan, kulitnya tampak kusam, bertekstur kasar, bersisik, dan juga kurang lembab dan berminyak.

Meski tidak memberikan dampak yang berbahaya, tapi kulit kering di wajah ini cukup mengganggu penampilan.

Baca Juga: 3 Keunggulan Saat Kamu Pakai Skincare Organik

Melansir yoursay.id dari Byrdie, berikut sejumlah masker dari bahan alami yang bermanfaat untuk meredakan kulit kering di wajah:

1. Masker kunyit

Kunyit memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Oleh karena itu, bahan rumahan yang satu ini sering digunakan untuk membantu melembabkan kulit kering. Bahkan, kunyit juga diklaim memiliki manfaat dalam mencegah tanda-tanda penuaan.

Kamu bisa gunakan kunyit dengan campuran susu, madu, atau minyak kelapa. Meski begitu, sebelum diaplikasikan ke wajah, sebaiknya kamu coba oleskan terlebih dahulu ke tangan dan tunggu sekitar 10 menit untuk memastikan tidak adanya reaksi alergi pada kulitmu.

2. Minyak kelapa

Masker dari bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan kulit kering adalah minyak kelapa. Jika ingin manfaat hidrasinya lebih besar, maka kamu juga bisa campurkan bahan ini dengan minyak zaitun. 

Meski begitu, pastikan minyak kelapa ini hanya digunakan bagi kamu yang memang memiliki kulit kering.

Sementara bagi yang tipe kulitnya cenderung berminyak, maka masker ini tidak disarankan karena bisa memperparah kondisi minyak di kulit yang akhirnya bisa memicu timbulnya komedo hingga jerawat.

3. Masker susu

Susu bekerja sangat baik untuk melembabkan kulit kering. Hal itu berkat kandungan asam laktat pada susu yang berperan untuk menghilangkan sel-sel kulit kering.

Oleh karena itu, kamu bisa coba gunakan masker susu ini untuk membantu memulihkan efek kering pada kulit wajahmu. Kamu juga bisa campurkan susu dengan madu, lidah buaya, atau minyak esensial untuk membuat kulitmu lebih segar dan terasa sehat.

Baca Juga: 5 Minuman Alami Bisa Atasi Panas Dalam, Wajib Coba

4. Masker alpukat

Tak hanya rasanya yang nikmat, alpukat juga bisa menjadi bahan masker terbaik untuk meredakan kulit kering. Kamu bisa aplikasikan buah alpukat organik yang telah matang dicampur dengan madu.

Selain bermanfaat untuk kulit kering, pengaplikasian alpukat juga bisa membuat wajah tampak segar dan lembap. Hal itu berkat kandungan vitamin E yang membantu menutrisi dan menenangkan kulit serta asam oleat yang berperan dalam meningkatkan produksi kolagen. 

Nah, itulah beberapa masker dari bahan alami yang bisa Telisikers coba untuk meredakan kulit wajah yang kering. Selamat mencoba. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga