5 Minuman Alami Bisa Atasi Panas Dalam, Wajib Coba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 14 Desember 2022
0 dilihat
5 Minuman Alami Bisa Atasi Panas Dalam, Wajib Coba
Panas dalam sering kali disebut juga dengan istilah radang tenggorokan. Foto: Repro shutterstock

" Panas dalam menjadi kondisi Kesehatan yang seringkali dialami setiap orang, baik dewasa maupun anak-anak. Karena cukup menggunggu aktivitas, sehingga perlu untuk mengetahui cara mengatasi radang tenggorokan "

KENDARI, TELISIK.ID - Panas dalam menjadi kondisi Kesehatan yang seringkali dialami setiap orang, baik dewasa maupun anak-anak. Karena cukup menggunggu aktivitas, sehingga perlu untuk mengetahui cara mengatasi radang tenggorokan.

Dikutip dari hellosehat.com, radang tenggorokan atau faringitis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada bagian tenggorokan (faring) yang biasa disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri.

Di Indonesia, panas dalam sering kali disebut juga dengan istilah radang tenggorokan. Kondisi Kesehatan ini seringkali dialami setiap orang, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Untuk mengatasi panas dalam banyak cara bisa dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi bahan alami yang ada di sekitar kita.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Kurangi Minyak di Wajah

Melansir yoursay.id yang merangkum dari Halodoc dan SehatQ, berikut beberapa daftar minuman alami pereda radang tenggorokan:

1. Jahe madu

Paduan antara jahe dan madu juga sangat manjur untuk membantu meredakan radang tenggorokan. Jahe yang hangat diyakini mampu untuk meredakan rasa sakit yang diakibatkan oleh radang tenggorokan. Campuran antara jahe dan madu dipercaya ampuh untuk meredakan sakit radang tenggorokan.

2. Teh daun mint

Biasanya daun mint sering kali digunakan sebagai penghias makanan dan minuman. Siapa yang sangka daun mint ternyata ampuh untuk meredakan sakit radang tenggorokan loh. Paduan antara teh hangat dengan daun mint ini dipercaya bisa membantu untuk meringankan radang tenggorokan.

3. Teh madu

Khasiat madu memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan sudah sejak lama madu digunakan untuk pengobatan. Meski kini madu banyak digunakan sebagai salah satu bahan campuran pembuatan makanan dan juga minuman, namun madu masih sering digunakan sebagai resep alternatif pengobatan herbal. Kombinasi antara teh dan juga madu diyakini bisa membantu menyembuhkan radang tenggorokan.

4. Sari cuka apel

Khasiat anti-jamur dan juga anti-bakteri pada cuka sari apel merupakan dua faktor yang bisa membantu meredakan gangguan kesehatan seperti radang tenggorokan. Sari cuka dipercaya bisa membantu meredakan radang tenggorokan.

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Polusi Udara Terhadap Ibu Hamil

5. Lemon madu

Alternatif lain yang bisa kamu coba untuk melenyapkan radang tenggorokan ialah kombinasi antara larutan lemon dan juga madu. Ramuan lemon madu akan membantu kamu meredakan rasa nyeri pada tenggorokan dan juga mengencerkan lendir, sehingga tenggorokan kamu akan terasa lebih lega.

Selain itu, adanya kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon juga dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh serta ampuh untuk melawan virus bakteri penyebab peradangan.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan tenggorokan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga