Awas, 3 Penyebab Mata Minus Semakin Parah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 13 Oktober 2022
0 dilihat
Awas, 3 Penyebab Mata Minus Semakin Parah
Mata minus berpotensi besar menghambat aktivitas sehari-hari. Ketahui cara mengobatinya agar hidup lancar kembali. Foto: Repro sehatq.com

" Salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting adalah mata. Makanya mata harus dijaga, di antaranya dari mata minus "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi sangat penting adalah mata. Makanya mata harus dijaga, di antaranya dari mata minus.

Dikutip dari Klinikmatanusantara.com, mata minus merupakan kelainan refraksi saat cahaya sejajar yang masuk ke mata dalam keadaan istirahat menghasilkan bayangan di depan retina. Semestinya, pada mata normal, cahaya itu jatuh tepat di retina.

Mata minus berpotensi besar menghambat aktivitas sehari-hari. Ketahui cara mengobatinya agar hidup lancar kembali.

Baca Juga: 10 Cara Manicure di Rumah Tanpa Harus ke Salon

Dalam istilah medis, sebutannya adalah miopia atau dikenal dengan rabun jauh. Para penyandang miopia tentunya cukup mengalami kesulitan  terkait dengan penglihatannya dalam aktivitas hidup sehari-hari .

Melansir alodokter.com, berikut beberapa penyebab mata minus semakin parah yang perlu Anda ketahui:

1. Faktor pertambahan usia

Mata minus bisa semakin parah seiring bertambahnya usia. Kondisi ini dapat bertambah buruk bila Anda memiliki penyakit tekanan darah tinggi dan diabetes atau melihat sesuatu yang dekat dalam jangka waktu lama, misalnya bekerja menggunakan komputer.

2. Kebiasaan membaca di cahaya redup

Sering membaca dengan cahaya redup juga dapat membuat mata minus bertambah parah. Meski saat membaca Anda merasa nyaman dan penglihatan tidak terganggu, tetapi mata akan terasa lebih cepat lelah.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Bikin Asam Lambung Naik

Cara yang baik untuk membaca adalah di bawah cahaya terang yang diarahkan langsung ke halaman buku.

3. Terlalu lama menatap layar gadget

Terlalu lama menatap layar gadget juga dapat memperburuk kondisi mata minus. Cahaya biru yang dikeluarkan dari layar gadget, seperti ponsel, laptop, tablet, atau televisi, dapat merusak retina dan menyebabkan mata minus semakin parah.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang bisa membuat mata menjadi minus. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga