6 Jenis Buah Ini Bisa Atasi Dehidrasi Saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 04 April 2023
0 dilihat
6 Jenis Buah Ini Bisa Atasi Dehidrasi Saat Puasa
Ada beberapa jenis buah yang dapat mengatasi dehidrasi saat menjalani ibadah puasa ramadan. Foto: halodoc.com

" Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami seseorang saat menjalani ibadah puasa ramadan adalah dehidrasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang seringkali dialami seseorang saat menjalani ibadah puasa ramadan adalah dehidrasi.

Pada umumnya, dikutip dari kemkes.go.id, dehidrasi merupakan sebuah kondisi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan dari pada yang mereka terima.

Kondisi dehidrasi apabila dibiarkan dalam jangka waktu tertentu, akan menyebabkan berbagai penyakit penyerta dehidrasi yang berbahaya bagi tubuh, seperti memicu munculnya batu ginjal, kerusakan otot, hingga mempengaruhi fungsi ginjal.

Olehnya itu, penting untuk memenuhi kebutuhan harian cairan tubuh menjadi penting agar terhindar dari dehidrasi, termasuk saat menjalani puasa selama ramadan.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Jalan Kaki Setelah Sahur

Untuk mengatasi dehidrasi ini salah satunya dengan mengonsumsi jenis buah yang mengandung air yang cukup.

Melansir yoursay.id dari halodoc.com, berikut beberapa buah yang bisa menghidrasi tubuh saat berpuasa:

1. Stroberi

Buah yang memiliki kandungan vitamin C ini juga menyimpan kandungan air yang tidak sedikit, yaitu sebanyak 90 persen yang menjadikannya sebagai salah satu buah yang bisa menghidrasi tubuh saat puasa.

2. Jeruk

Buah berwarna oranye ini memiliki rasa segar dan manis ini juga tinggi kandungan vitamin C nya. Setidaknya sebanyak 70 persen kandungan air terdapat dalam buah jeruk yang bisa menghidrasi tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya saat sahur maupun berbuka untuk dijadikan jus yang sangat nikmat.

3. Nanas

Buah yang berwarna kuning ini juga merupakan salah satu buah yang bisa menghidrasi tubuh saat puasa. Setidaknya sebanyak 87 persen air terkandung dalam buah yang rasanya manis dan segar ini. Buah nanas juga mengandung vitamin C dan serat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu.

4. Semangka

Buah selanjutnya yang kaya akan kandungan airnya adalah semangka. Vitamin A dan C juga dapat ditemui pada buah semangka. Kandungan air dalam buah semangka juga sangat tinggi, yaitu sebanyak 92 persen air.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Susah BAB Saat Puasa

5. Blewah

Blewah sering dijadikan sebagai salah satu bahan untuk es buah yang banyak sekali dijual di bulan puasa. Hal tersebut tidak salah karena blewah mengandung setidaknya 90 persen air, karena itulah blewah termasuk dalam salah satu buah yang bisa menghidrasi tubuh saat berpuasa.

6.  Timun

Timun adalah satu jenis buah yang kaya dengan kandungan airnya. Melansir dari Healthline, timun bisa mengandung setidaknya 95 persen air serta mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin C dan D. Kamu bisa mengonsumsi timun saat sahur agar membantu tubuh untuk tetap terhidrasi.

Nah, itulah beberapa jenis buah yang dapat membantu untuk mengatasi dehidrasi saat menjalani ibadah puasa ramadan. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga