8 Jenis Diet Berbahaya Bagi Tubuh yang Harus Dihindari

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 03 Februari 2023
0 dilihat
8 Jenis Diet Berbahaya Bagi Tubuh yang Harus Dihindari
Ada beberapa jenis diet yang harus dihindari sebab memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Foto: google.com

" Diet menjadi salah satu solusi yang seringkali dilakukan seseorang untuk menjaga tubuh tetap ideal "

KENDARI, TELISIK.ID - Diet menjadi salah satu solusi yang seringkali dilakukan seseorang untuk menjaga tubuh tetap ideal. Hal tidak boleh dilakukan sembarangan, sebab ada jenis diet yang berbahaya.

Pada umumnya, dikutip dari halodoc.com, diet pada dasarnya merupakan pola makan, yang cara dan jenis makanannya diatur. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, diet juga bertujuan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang terkontrol.

Kendati boleh saja, tapi diet tidak boleh dilakukan sembarangan, sebab ada jenis diet yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa jenis diet yang dinyatakan berbahaya oleh ahli gizi asal Amerika Serikat, Keri Gans:

1. Menggunakan obat diet

Bahaya obat diet juga dikemukakan melalui mayoclinic, Obat diet bukan hanya mempengaruhi berat badan, tapi juga fungsi organ tubuh karena sifatnya yang menyerap nutrisi serta mengeluarkan cairan tubuh.

Hal ini malah membuat fungsi organ seperti ginjal berkurang sehingga penyakit seperti pembengkakan limfa bisa terjadi.

2. Diet tanpa nasi atau karbohidrat lain

Banyak orang yang menyangka bahwa nasi atau karbohidrat bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Padahal faktanya, nasi tidak membuat kita menjadi gemuk. Namun, jika berlebihan akan membuat kalori surplus.

Dalam kebutuhan sehari-hari, kita semua membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi. Maka dari itu, karbohidrat tetap harus dikonsumsi dengan batasan kalori yang ditentukan.

3. Diet lemon water

Lemon memang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, tapi fungsinya bukan untuk membakar lemak.

Baca Juga: Catat, Ini 5 Cara Diet Efektif untuk Mengawali Tahun Baru

Banyak orang yang memaksakan diri mengonsumsi air lemon setiap hari untuk mengurangi berat badan, padahal hal tersebut bukan hal yang tepat.

4. Water fasting (Diet Air Putih)

Menyandur dari medicalnewstoday, metode diet air putih ini bisa menyebabkan hipotensi, hipoglikemia, pusing, lemah, leti, lesu, bahkan malnutrisi.

Air putih memang dibutuhkan dalam nutrisi setiap harinya, tetapi bukan berarti kita tidak memerlukan bahan makan lainnya. Pemberlakuan diet air putih ini dalam jangka panjang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

5. Diet tanpa makan

Dari semua jenis diet, diet tanpa makan ini menjadi faktor utama kematian bagi seseorang. Tubuh kita tetap membutuhkan nutrisi dan metode ini berbeda dengan metode puasa.

Saat puasa, kita tetap mengonsumsi makanan dalam jangka waktu tertentu dengan tujuan mengistirahatkan kerja organ tubuh. Namun, jika dalam satu hari kita tidak mengonsumsi apapun, hal ini malah sangat membahayakan tubuh karena nutrisi yang diperlukan tidak dipenuhi sama sekali.

6. Diet teh detox

Banyak iklan berseliweran di media sosial tentang teh diet yang memilik ribuan testimoni. Padahal, teh diet yang bersifat laxative dan diuretik bisa membuat frekuensi BAB BAK meningkat bahkan beresiko dehidrasi.

Banyak orang yang mengatakan bahwa teh diet ini membuat angka timbangan turun, padahal hal tersebut karena cairan tubuh hilang dan bisa menyebabkan kematian. 

7. Diet dibawah 1000 kalori

Setiap orang pasti membutuhkan kalori yang berbeda beda setiap harinya. Namun, metode diet dibawah 1000 kalori ini membuat sebagian orang memilih jalur cepat untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Tips Diet Sehat dan Mudah Ala Tya Arestya

Menyandur dari medicalnewstoday, kebutuhan per hari untuk wanita berkisar sekitar 1600-2400 kalori, sedangkan untuk pria 2000-3000 kalori perhari.

Jika kita mengonsumsi kalori jauh di bawah angka normal, gangguan kesehatan seperti resiko metabolisme yang melambat bisa meningkat.

8. Diet 7 hari detox

Menurut Keri Gans melalui healthline, diet bukanlah hanya dilakukan dalam waktu tertentu. Ia menganalogikan diet seperti maraton, dilakukan secara terus menerus walau dalam progres sekecil apapun.

Jika kita membatasi diri dengan diet dalam jangka waktu tertentu, berat badan atau massa tubuh akan lebih mudah kembali ke berat awal saat kita mulai mengonsumsi makanan yang biasa kita makan sebelum diet.

Nah, itulah beberapa jenis diet yang harus dihindari sebab memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Sebelum melakukan diet, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sehingga penyakit fatal bisa dihindari akibat diet. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga