5 Hal yang Dilakukan Warga Jepang Biar Umurnya Panjang, Salah Satunya Berhenti Makan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 17 Mei 2022
0 dilihat
5 Hal yang Dilakukan Warga Jepang Biar Umurnya Panjang, Salah Satunya Berhenti Makan
Pola makan warga Jepang buat umur panjang. Foto: iStock

" Orang Jepang ternyata memiliki umur yang lebih panjang. Hal tersebut sedikit banyak disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki oleh penduduk Jepang pada umumnya "

KENDARI, TELISIK. ID - Semua manusia pasti ingin berumur panjang agar bisa merasakan nikmatnya berkeluarga, serta pengalaman hidup yang beragam.

Berbeda dengan orang Indonesia, orang Jepang ternyata memiliki umur yang lebih panjang. Hal tersebut sedikit banyak disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki oleh penduduk Jepang pada umumnya.

Melansir Nippon Times, rata-rata angka harapan hidup di Jepang pada tahun 2019 adalah 87,45 tahun untuk wanita dan 81,41 tahun untuk pria.

Seorang pria di Jepang bahkan kabarnya memiliki rekor dunia (Guinness World Record), dengan usia 112 tahun dan 344 hari.

Sementara itu di Indonesia, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata angka harapan hidup di tanah air pada 2019 adalah 73,33 untuk wanita dan 69,44 untuk pria.

Angka tersebut tentunya lebih kecil, bila dibandingkan dengan penduduk Jepang. Lantas, apa saja kebudayaan dan tradisi dari penduduk Jepang, yang berdampak kepada umur seseorang?

Baca Juga: Mengenal Alina Kabaeva Pacar Vladimir Putin yang Super Cantik, Sasaran Sanksi Inggris

Berikut beberapa hal yang rutin dilakukan oleh penduduk Jepang:

1. Hara Hach Bun Me

Melansir Jurnalsoreang.com, Hara Hach Bun me adalah pepatah yang terkenal di Jepang. Pepatah ini memiliki arti, ‘makanlah hanya sampai 80 persen (persentase kenyang). Orang Jepang menggunakan jam 'hara hachi bun me' sebagai pengingat untuk berhenti makan sebelum kenyang dan mengendalikan kebiasaan makan.

2. Sistem kebersihan dan perawatan kesehatan yang lebih baik

Orang Jepang memiliki sistem perawatan kesehatan yang canggih. Program vaksinasi diterapkan secara serius untuk semua individu sejak lahir. Asuransi kesehatan dan pemeriksaan kesehatan rutin juga diatur sedemikian rupa, agar memastikan perawatan bisa berjalan tepat waktu.

Orang Jepang sangat teliti tentang praktik yang berhubungan dengan higienis. Situs TPA (tempat pembuangan akhir) kebanyakan diubah menjadi taman ramah lingkungan.

3. Porsi makanan lebih sedikit

Orang Jepang menyajikan porsi makan yang lebih kecil, dan mendorong gaya makan yang lebih lambat. Kebiasaan penduduk Jepang yang suka menggunakan sumpit, membuat asupan makanan menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh.

4. Tradisi minum teh

Orang Jepang dikenal dengan hobinya meminum teh. Tradisi ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. Salah satu the yang populer di Jepang yaitu Teh Matcha.

Baca Juga: Astronot Muslim Ini Jadi Orang Pertama yang Salat dan Puasa di Luar Angkasa

Teh Matcha kaya akan antioksidan yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan kanker, membantu pencernaan, meningkatkan tingkat energi, dan mengatur tekanan darah. Selain itu, Teh Matcha mampu menjaga sel membran dan memperlambat penuaan sel tubuh.

5. Suka berjalan kaki

Orang Jepang sangat membenci gaya hidup yang malas. Tanpa membeda-bedakan usia, semua penduduk Jepang sangat gemar berjalan. Siswa dan karyawan berjalan atau bersepeda ke stasiun kereta, lalu berjalan ke tempat kerja. Hal ini membuat orang Jepang tetap sehat dan aktif sehingga membuat umur menjadi panjang.

Hal tersebut juga dibantu oleh toilet-toilet umum di Jepang, yang dirancang untuk jongkok bukan untuk duduk. Sehingga memastikan inti tubuh tetap aktif dan juga lebih sehat untuk usus dan otot. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga