5 Kebiasaan Kamu Sedang Hancurkan Diri Sendiri

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 22 Januari 2023
0 dilihat
5 Kebiasaan Kamu Sedang Hancurkan Diri Sendiri
Kita perlu mengetahui kebiasaan apa saja yang secara tidak langsung membuat diri kita hancur di kemudian hari. Foto: depositphoto.com

" Salah satu keadaan yang seringkali tidak disadari adalah kita sedang melakukan perbuatan yang membuat diri sendiri hancur. Hal ini harus segera diketahui agar hal buruk tidak menimpa kita "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu keadaan yang seringkali tidak disadari adalah kita sedang melakukan perbuatan yang membuat diri sendiri hancur. Hal ini harus segera diketahui agar hal buruk tidak menimpa kita.

Pada umumnya, dikutip dari kompas.com, semua orang berjuang keras melawan kata-kata negatif di dalam dirinya sendiri yang terus mengkritik dan menghancurkan kepercayaan diri.

Demi membebaskan diri dari kebiasaan-kebiasaan yang menggancurkan diri, kita perlu mengetahui kebiasaan apa saja yang secara tidak langsung membuat diri kita hancur di kemudian hari.

Baca Juga: Tiket Film BTS Diserbu ARMY

Melansir yoursay.id dari akun instagram @beraniberhijrah411, berikut kebiasaan-kebiasaan kalau kamu sedang menghancurkan diri sendiri:

1. Pura-pura bahagia

Smiling depression adalah istilah bagi orang yang hidup depresi di dalam, namum tampak bahagia di luar. Orang seperti ini akan tampak bahagia tanpa ada masalah apapun.

Orang seperti ini akan biasanya memperlihatkan senyuman yang menandakan bahwa ia baik-baik saja, namun nyatanya senyuman itu hanyalah tameng untuk menutupi masalah yang sedang dihadapi. 

2. Sering meremehkan diri sendiri dan lebih memprioritaskan orang lain

Kamu akan merasa bahwa dirimu itu sangat lemah dan gak berguna, gak punya apa-apa jika dibandingkan dengan orang lain.

Sikap kamu yang terlalu merendahkan diri sendiri sangatlah toxic, sehingga semua capaian yang kamu miliki jadi gak berguna.

Di samping itu, kamu juga terlalu mementingkan orang lain ketimbang diri kamu sendiri, merasa punya tanggungjawab atas kebahagiaan orang lain. 

3. Menuntut diri sendiri untuk selalu sempurna (perfeksionis)

Penting kamu sadari bahwa gak ada orang di dunia yang sempurna, tentu ada semua kekurangannya. Jika kamu menuntut akan kesempurnaan atas apa yang kamu lakukan, itu bisa saja hanya akan membuat kamu tertekan bila memang hasilnya gak sempurna.

Gak apa-apa kamu sesekali melakukan kesalahan, dan gak apa-apa juga kalau kamu mengalami kegagalan. Tetapi dengan kegagalan itu harus bisa menjadi pelajaran untuk terus bangkit dan berusaha lebih keras lagi. 

4. Jadi orang yang gak enakan atau People pleaser

People pleaser adalah sebutan bagi orang yang selalu berusaha menyenangkan orang lain. Orang yang people pelaser akan susah mengatakan “tidak” kepada orang lain, bahkan selalu berusaha untuk memaksakan diri kamu untuk melakukan apa yang diminta oleh orang lain.

Karena takut bikin orang kecewa sehingga kamu akan memaksakan diri untuk selalu bilang “iya” padahal dirimu dibalik itu sedang tersiksa, capek, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Deretan Bintang Porno Cantik yang Paling Banyak di Tonton Tahun 2022, Nomor 1 Bikin Kaget

5. Sering membandingkan diri dengan orang lain 

Tanda selanjutnya adalah kamu merasa gak sebaik orang lain, kamu merasa gak punya kelebihan ketimbang dengan orang lain.

Padahal di dunia ini gak ada yang sempurna, semua orang tentu memiliki jalan hidup masing-masing dan berbeda-beda pula. Start boleh sama, tetapi finish boleh jadi berbeda. 

Nah, itulah beberapa tanda kalau sedang menghancurkan diri kamu sendiri. Dengan mengetahui tanda ini, semoga kamu segera memperbaiki sebelum terlambat. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS  

Baca Juga