Ingin Kulit Putih? Kenali Dulu Skin Tone dan Undertone

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 07 Juli 2022
0 dilihat
Ingin Kulit Putih? Kenali Dulu Skin Tone dan Undertone
Sebelum melakukan perawatan skincare ataupun treatment di klinik kecantikan pastikan dulu perbedaan warna kulitmu berdasarkan tipenya. Foto: Repro klikdokter.com

" Setiap wanita tentunya ingin tampil cantik dan sempurna di mana pun mereka berada, hingga tak heran jika sekarang beragam jenis skincare dan perawatan kulit yang menjamur demi membuat mereka terlihat lebih putih dan glowing "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap wanita tentunya ingin tampil cantik dan sempurna di mana pun mereka berada, hingga tak heran jika sekarang beragam jenis skincare dan perawatan kulit yang menjamur demi membuat mereka terlihat lebih putih dan glowing.

Tapi tahukah kamu, jika tak selamanya produk-produk tersebut cocok dan sesuai dengan tone kulitmu. Tone kulit sendiri sangat banyak ragam dan rentan warnanya. Mulai dari yang fair (cerah), medium hingga dark.

Dilihat Telisik.id, pada akun TikTok @dr. Kamilajaidi yang mengatakan sebelum melakukan perawatan ataupun ingin menjadi putih, kamu perlu mengenal tipe berapa jenis tone kulitmu.

"Jika kamu ingin kulitmu menjadi lebih cerah perlu pahami, tone tipe berapa kulitmu. Kalau kamu pengen cerah dan ternutrisi akibat skincare dan treatment di klinik paling bisa mentok itu di tone kulitmu yang paling cerah," tuturnya.

Dia juga mengatakan jika tone kulitmu adalah tipe 3 tak bisa serta merta akan berada di tipe 1 ketika melakukan treatment ataupun dengan menggunakan skincare. Tone kulitmu hanya akan naik 1 tingkat dari yang sebelumnya.

Misalnya sebelum melakukan treatment atau skincare, tone kulitmu berada di tipe 3 setelah beberapa lama kemudian, kamu hanya akan naik satu tingkat dari perawatan sebelumnya yaitu menjadi tone tipe 2.

Dikutip dari agnesiarezita.com, Thomas B. Fitzpatrick, seorang ahli dermatologi mengklasifikasikan 6 macam tipe kulit manusia.

  1. Tipe I Kulit sangat cerah selalu terbakar dan tidak bisa berubah menjadi coklat.
  2. Tipe II Kulit putih kadang bisa terbakar dan bisa berubah warna menjadi coklat.
  3. Tipe III Kulit sedang (medium) bisa terbakar, dan kadang bisa berubah warna menjadi coklat.
  4. Tipe IV Kulit zaitun (olive) jarang terbakar dan selalu berwarna coklat.
  5. Tipe V Kulit coklat (brown) berpigmen sedang, tidak pernah terbakar, dan selalu berwarna coklat.
  6. Tipe VI Kulit hitam (black) berpigmen mencolok, tidak pernah terbakar, dan selalu berwarna coklat.

Melansir thebodyshopco.id, terdapat perbedaan antara skin tone dan under tone, antara lain:

Skin Tone (Warna kulit)

Skin tone merupakan warna kulit yang bisa dilihat langsung di permukaan kulit dengan mata telanjang. Di Indonesia terbagi menjadi tiga jenis skin tone, yaitu kuning langsat, putih gading, dan sawo matang. Kuning langsat termasuk warna kulit yang terdapat di antara gelap dan putih.

Sementara kulit warna putih gading diartikan sebagai warna kulit yang putih namun cenderung pucat. Terakhir adalah jenis skin tone sawo matang yang lebih cenderung mengarah ke kecokelatan atau gelap. Skin tone bisa berubah karena disebabkan pengaruh beberapa hal, seperti kebiasaan sehari-hari, produk skincare, dan paparan sinar matahari. Untuk orang Barat, skin tone terbagi menjadi empat, yakni dark, light, medium, dan tan.

Undertone (Warna dasar)

Undertone atau warna dasar kulit yang biasanya ditentukan oleh gen atau keturunan. Ini menandakan undertone kulit tidak akan berubah meski warna kulit berubah menjadi cenderung gelap akibat paparan sinar matahari atau lebih cerah karena pemakaian skincare. Undertone kulit, terbagi menjadi tiga jenis yaitu: cool, neutral, dan warm.

Baca Juga: 8 Cara Menebalkan Alis secara Alami, Para Wanita Perlu Tahu

Perlu diketahui, orang yang memiliki warna kulit hampir sama, bukan berarti memiliki undertone kulit yang sama. Makanya, pastikan Anda tahu dengan tepat soal warna dasar kulit Anda agar bisa memperoleh produk make-up yang sesuai.

Skin tone dipengaruhi oleh undertone kulit yang cukup berpengaruh pada tampilan kulit. Untuk mengeceknya, lihatlah pergelangan tangan bagian dalam dan warna pembuluh darah. Bila pembuluh darah cenderung biru dengan sedikit warna keunguan, maka undertone kulit Anda termasuk cool.

Bila warna pembuluh darah warnanya lebih mengarah ke hijau, berarti undertone kulit Anda adalah warm. Kalau warna pembuluh darah Anda cenderung sulit dibedakan, maka Anda memiliki warna dasar neutral.

Baca Juga: Fakta Psikologis, Alasan Wanita Diam saat Marah

Dikutip dari doktersehat.com, undertone kulit wajah tidak sama dengan tone alami kulit. Tone adalah warna alami kulit tanpa makeup. Sementara undertone adalah warna lapisan dalam kulit. Berikut adalah beberapa cara melihat undertone kulit wajah.

1. Pembuluh vena yang berwarna kebiruan menandakan undertone kulit termasuk cool tone. Jika berwarna kehijauan berarti Anda memiliki warna undertone hangat.

2. Jika Anda lebih menyukai perhiasan berwarna kuning emas, berarti undertone Anda hangat atau berwarna zaitun.

Sementara warna perak, platinum, dan rose gold menandakan undertone Anda berwarna dingin. Namun jika warna kuning emas maupun perak sama-sama menarik, kemungkinan undertone Anda berwarna netral.

3. Ternyata warna netral seperti putih, coklat, dan hitam juga dapat memberitahu apa undertone seseorang.

4. Seseorang yang memiliki undertone dingin cenderung lebih mudah mengalami sunburn. Karenanya harus lebih sering memakai sunscreen.

Sementara seseorang yang memiliki undertone hangat jauh lebih kuat terhadap paparan sinar matahari. Jika kulit Anda gelap tetapi jarang mengalami sunburn, kemungkinan undertone Anda hangat. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga