Ini Kebiasaan yang Perlu Dihindari jika Tak Ingin Mesin Cuci Cepat Rusak

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 14 Juni 2023
0 dilihat
Ini Kebiasaan yang Perlu Dihindari jika Tak Ingin Mesin Cuci Cepat Rusak
Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan mesin cuci cepat rusak. Foto: Cnnindonesia.com

" Mesin cuci merupakan salah satu peralatan elektronik yang meringankan pekerjaan rumah tangga. Mesin cuci biasanya dipakai hampir setiap hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Mesin cuci merupakan salah satu peralatan elektronik yang meringankan pekerjaan rumah tangga. Mesin cuci biasanya dipakai hampir setiap hari.

Tak sedikit orang menggunakan mesin cuci setiap hari, yang dapat mengurangi masa pakai, ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan mesin cuci cepat rusak.

Dilansir dari Kompas.com dan grid.id berikut kebiasaan yang bikin mesin cuci cepat rusak:

1. Terlalu banyak pakai detergen

Banyak orang beranggapan bahwa semakin banyak deterjen yang digunakan, maka semakin bagus hasil pencuciannya. Rupanya ini tidak benar. Menggunakan terlalu banyak deterjen hanya dapat menimbulkan masalah besar, seperti, misalnya, busa berlebih yang dapat menyumbat drainase.

Baca Juga: Wasapada Musim Hujan, 4 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Ular Masuk Rumah

Selain itu, detergen yang berlebih dapat menyumbat laci, sehingga detergen tidak dapat menyentuh pakaian kita dan malah menyebabkan pakaian tetap kotor.

2. Memasukkan terlalu banyak cucian ke dalam mesin cuci

Meskipun selalu disarankan untuk mengisi mesin cuci, penting untuk menjaga keseimbangan antara hemat energi dan berpotensi merusak mesin cuci. Sebagai panduan umum, Palmer-Smith menyarankan untuk mengisi mesin cuci hingga 80 persen.

Jika Anda mengisi mesin cuci terlalu banyak, Anda mungkin mendapati pakaian menjadi kurang bersih dan masih ada bekas yang terlihat. Mengisi tabung mesin cuci secara berlebihan menempatkan mesin di bawah banyak tekanan dan berat yang dapat merusak mesin cuci jika lebih dari yang dirancang.

3. Jarang membersihkan filter

Filter berguna untuk mengumpulkan semua hal kecil yang seharusnya tidak ada di sana, seperti koin, ikat pinggang, dan barang lainnya. Oleh karena itu, kita harus membersihkan filter 4 kali setahun, atau bahkan lebih sering, jika ada bau tidak sedap atau jika mesin tidak melakukan tugasnya dengan benar.

4. Tidak membersihkan mesin cuci secara teratur

Meski mesin cuci membersihkan pakaian, namun juga perlu dibersihkan secara rutin agar tetap dalam kondisi prima. Cara terbaik untuk membersihkan mesin cuci adalah dengan menjalankan siklus kosong, menambahkan sedikit cuka putih untuk menghilangkan residu dan bakteri yang membandel.

Baca Juga: Ini Waktu Terbaik Menyiram Tanaman

5. Menggunakan pembersih yang bukan untuk mesin cuci

Apa yang terjadi jika kita memasukkan deterjen pencuci tangan ke dalam mesin cuci? Rupanya jika itu kita lakukan maka akan muncul busa yang terlalu banyak. Busa yang berlebihan ini bisa merusak mesin cuci. Oleh karena itu, lebih baik pakai pembersih atau detergen khusus untuk dipakai di mesin cuci.

6. Menurut statistik, kebanyakan masalah terkait mesin cuci adalah tentang drum

Benda kecil seperti pakaian dalam dan kaus kaki bisa masuk ke dalam filter mesin cuci dan membuatnya rusak. Oleh karena itu, masukkan pakaian dalam dan kaos kaki ke dalam tas atau kantong cuci untuk mencegah kerusakan itu terjadi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga